APBD Buteng Dipangkas hingga Rp 11 Miliar

Mutarfin, telisik indonesia
Sabtu, 01 Mei 2021
0 dilihat
APBD Buteng Dipangkas hingga Rp 11 Miliar
Setda Buteng, Konstatinus Bukide. Foto: Mutarfin/Telisik

" Selain pemotongan anggaran, berdasarkan Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor SE-2/PK/2021 dalam hal penanganan COVID-19, pemerintah daerah juga diwajibkan melakukan refocusing atau pergeseran anggaran sebesar 8 persen dari total APBD terkait tentang penanganan COVID-19 "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) dipangkas hingga Rp 11 miliar.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Buteng, H Kostantinus Bukide, APBD tahun 2021 ini langsung dipotong Kementerian Keuangan untuk penanganan COVID-19.

"Selain pemotongan anggaran, berdasarkan Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor SE-2/PK/2021 dalam hal penanganan COVID-19, pemerintah daerah juga diwajibkan melakukan refocusing atau pergeseran anggaran sebesar 8 persen dari total APBD terkait tentang penanganan COVID-19," ungkapnya, Sabtu (1/5/2021).

Baca Juga: Pemprov Sultra Siapkan Rp 56 Miliar THR ASN

Ia menambahkan, apabila dikalkulasi maka refokusing mencapai sekitar Rp 30 miliar. Peruntukan pergeseran anggaran 8 persen APBD untuk pemberdayaan masyarakat dan penanganan COVID-19 yang ditangani dinas terkait.

Sementara Rp 11 miliar yang dipotong langsung pemerintah pusat kemungkinan untuk vaksin.

Selain itu, refokusing ini masih sementara dilakukan, sebab harus mempertimbangkan dengan program-program yang ada di tiap-tiap organisasi perangkat daerah (OPD) di Buton Tengah.

Lebih lanjut, Kostantinus Bukide juga mengatakan, tenggang waktu atau deadline yang diberikan pemerintah pusat dalam pergeseran ini sudah lewat, seharusnya batas waktu laporan per 30 Maret 2021, tapi sampai hari ini laporan belum masuk.

Baca Juga: Soal Mudik Lebaran, Ini Tanggapan UPTD Pelabuhan Ferry Amolengo-Labuan

Sekda Buteng ini juga mengimbau masyarakat untuk selalu mendukung kebijakan-kebijakan dari pemerintah daerah, sebab Pemda Buteng selalu bekerja keras dengan maksimal untuk kemakmuran rakyat.

"Pemda senantiasa bekerja maksimal dalam rangka menyukseskan program-program yang berbasis kemakmuran masyarakat," tutupnya. (B)

Reporter: Mutarfin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga