Apoteker Digenjot Tingkatkan Pelayanan Kefarmasian Berbasis Digital

La Ode Andi Rahmat, telisik indonesia
Sabtu, 26 November 2022
0 dilihat
Apoteker Digenjot Tingkatkan Pelayanan Kefarmasian Berbasis Digital
Ikatan Apoteker Indonesia Sulawesi Tenggara gelar seminar nasional demi tingkat pelayanan kefarmasian. Foto: La Ode Andi Rahmat/Telisik

" Apoteker memiliki peran penting pelayanan kefarmasian dalam mengeluarkan resep untuk pasien sesuai anjuran dokter. Guna menjawab tantangan tersebut, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sulawesi Tenggara menggenjot peningkatan fungsi apoteker "

KENDARI, TELISIK.ID - Apoteker memiliki peran penting pelayanan kefarmasian dalam mengeluarkan resep untuk pasien sesuai anjuran dokter. Guna menjawab tantangan tersebut, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sulawesi Tenggara menggenjot peningkatan fungsi apoteker.

Untuk meningkatkan itu semua, IAI pun menggelar seminar nasional tentang kefarmasian yang digelar di Kota Kendari, Sabtu (26/11/2022).

Ketua pelaksana kegiatan, Shienny Kuncoro mengatakan, seminar nasional kefarmasian merupakan rangkaian kegiatan konferensi daerah (Konferda) dengan tujuan meningkatkan peran dan fungsi apoteker dalam menghadapi pelayanan publik yang berbasis digital.

Baca Juga: Begini Persepsi Masyarakat terhadap BUMN Tambang

"Tujuan dilakukan kegiatan ini adalah optimalisasi peran dan fungsi apoteker dalam menghadapi digitalisasi pelayanan kefarmasian," ucap Shienny Kuncoro.

Ketua Pengurus Daerah IAI Sulawesi Tenggara, apt. Dra. Hj. Harmawati Kadir, M.Kes mengatakan, apoteker akan menghadapi berbagai tantangan mulai dari regulasi dan perkembangan digitalisasi, maka perlu kesiapan dalam menghadapi setiap tantangan tersebut.

"Tantangan yang akan dihadapi ke depan salah satunya menyesuaikan dengan Undang-Undang Omnibus Law," ucap Harmawati Kadir.

Baca Juga: Tim Dosen UHO Beri Penyuluhan Akuntansi ke Pesantren Hidayatullah Kendari

Sementara Wakil Ketua Umum I IAI, Apt. Rahmat Mulia Hasibuan, S.Si mengatakan, guna mendukung kinerja apoteker maka perlu adanya regulasi tentang kefarmasian, ia berharapan Rancangan Undang-Undang Kefarmasian agar segera disahkan oleh DPR.

Lebih lanjut Rahmat Mulia Hasibuan menyampaikan kepada pengurus IAI Sulawesi Tenggara agar merancang program-program unggulan demi meningkatkan pelayanan dalam bidang kefarmasian.

"Intinya siapapun nanti pengurus daerah dapat meningkatkan program-program unggulan di Sulawesi Tenggara," ucapnya. (A)

Penulis: La Ode Andi Rahmat

Editor: KardinĀ 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga