Apple Vision Pro, Kacamata AR Super Canggih Harga Rp 52 Juta

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Rabu, 07 Juni 2023
0 dilihat
Apple Vision Pro, Kacamata AR Super Canggih Harga Rp 52 Juta
Apple Vision Pro, kacamata super canggih dari Apple yang dapat memudarkan batas antara dunia nyata dan virtual. Foto: Repro Apple.com

" Apple baru saja merilis produk teknologi terbaru mereka yang memanfaatkan Augmented Reality (AR) dalam bentuk kacamata "

KENDARI, TELISIK.ID - Apple baru saja merilis produk teknologi terbaru mereka yang memanfaatkan Augmented Reality (AR) dalam bentuk kacamata. Produk ini diberi nama Apple Vision Pro yang juga menjadi kacamata pertama yang memanfaatkan AR.

Kacamata satu ini menghadirkan fitur super canggih yang akan memudarkan batas antara dunia nyata dan dunia virtual. Karena selain diposisikan terutama sebagai perangkat AR, pengguna dapat beralih antara augmented reality dan full virtual reality (VR) menggunakan dial.

Perangkat ini bebas pengontrol, serta pengguna dapat menelusuri deretan ikon aplikasi dengan melihatnya di antara dunia nyata dan dunia virtual. Para pengguna perangkat ini dapat mengetuk untuk memilih dan menjentik untuk menggulir, dan dapat pula memberikan perintah suara.

Selain itu, perangkat ini dilengkapi headset yang mendukung aksesori Bluetooth dan memungkinkan penggunanya menghubungkan dengan Mac (komputer Apple) untuk digunakan di dalam headset.

Berdasarkan pantauan Telisik.id via YouTube, Apple Vison Pro sendiri diperkenalkan oleh CEO Apple Tim Cook pada kegiatan Worl Wide Developers Conference (WWDC) 2023 pada Selasa (6/5/2023) malam.

Baca Juga: Profesi Ini Bakal Digantikan Teknologi AI

Dalam kesempatan tersebut, Tim Cook mengatakan, kacamata AR ini revolusioner, sebab Apple Vision Pro dapat memadukan konten digital dengan dunia nyata secara mulus. Dia juga menyebutkan bahwa Vision Pro akan menjadi era baru dari perangkat komputasi yang kita kenal selama ini.

"Hari ini menandai dimulainya era baru komputasi," kata Tim Cook saat memperkenalkan Apple Vision Pro di sesi keynote WWDC 2023, via YouTube.

Perangkat baru Apple ini mengusung VisionOS sebagai operatornya yang mampu menampilkan sistem antarmuka tiga dimensi yang membebaskan aplikasi dari batas tampilan yang kita kenal selama ini sehingga dapat muncul  dalam skala apa pun.

Apple Vision Pro juga memungkinkan penggunanya menjadi lebih produktif, dengan ruang layar tak terbatas, akses ke aplikasi favorit mereka, serta cara baru untuk melakukan berbagai aktivitas.

Dilansir dari Apple.com, perangkat ini menggunakan layar yang memiliki backplane layar mikro-OLED Apple Silicon, memuat 23 juta piksel dan lensa tiga elemen khusus. Selain itu, ada dua chip yang tertanam, yakni chip R1 yang dipasangkan dengan chip M2.

Baca Juga: Ini Bocoron Spesifikasi iPhone 15 Series

Spesifikasi lainnya termasuk 12 kamera, lima sensor, dan enam mikrofon. 

Dengan berbagai teknologi tersebut, perangkat ini menampilkan pengalaman hiburan yang jauh berbeda dengan sebelumnya, yang mana pengguna dapat menonton, bermain game dan melakukan panggilan video dengan suasan yang membuat penggunanya seakan masuk dalam dunia virtual tersebut.

Apple Vision Pro direncanakan akan dijual mulai awal tahun 2024 di Amerika Serikat dan lebih banyak negara akan hadir di akhir tahun 2024. Jika ingin membelinya, pengguna harus menyiapkan dana USD 3.499 atau kisaran Rp 52 juta. (C)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga