adplus-dvertising

Apresiasi Masyarakat Atas Gebrakan Pj Bupati dalam Pembangunan Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 22 September 2022
377 dilihat
Apresiasi Masyarakat Atas Gebrakan Pj Bupati dalam Pembangunan Muna Barat
Pj Bupati Muna Barat saat meninjau beberapa infrastruktur di Kecamatan Lawa yang dikeluhkan oleh masyarakat. Foto: Ist.

" Gebrakan Pj Bupati Muna Barat, Bahri dalam menggenjot pembangunan mendapat apresiasi di masyarakat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Gebrakan Pj Bupati Muna Barat, Bahri dalam menggenjot pembangunan mendapat apresiasi di masyarakat.

Bahri terus menggenjot pembangunan di Muna Barat, salah satunya ia meninjau kondisi infrastruktur lingkungan yang ada di wilayah Lawa Raya.

Bahri mengatakan, akan mengalokasikan APBD Perubahan 2022 untuk mendukung pembangunan beberapa infrastruktur wilayah Lawa, yakni rehabilitasi gedung baruga, jalan lingkar Wamelai, pemagaran pasar dan perbaikan pasar Lawa dan rehab kantor.


"Ini menjadi kegiatan prioritas saya sesuai dengan rencana pembangunan daerah Muna Barat, serta untuk memperhatikan pembangunan di tiga wilayah besar," ungkapnya, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: Minibus jadi Korban Tiang Listrik Tumbang di Bombana

Sementara itu, salah seorang pemuda Lawa Raya, La Ode Harlan Sadia turut mengapresiasi adanya tinjauan langsung di berbagai desa oleh Pj Bupati Muna Barat.

Ia mengaku, dengan langkah yang dilakukan oleh Pj bupati merupakan langkah yang tepat, di mana pemimpin dengan sukarela turun meninjau langsung untuk mendengar keluh kesah masyarakat.

"Hal ini menimbulkan spontanitas masyarakat dalam menyampaikan keluh kesah, terkhusus kondisi di Kecamatan Lawa mengenai infrastruktur," ungkapnya.

Harlan menyebut, keluhan masyarakat yang disampaikan mengenai kondisi infrastuktur jalan yang sangat memprihatinkan, di mana daerah itu memiliki beberapa ruas jalan yang mengalami kerusakan parah.

Dikatakannya, jalan itu merupakan salah satu jalur strategis yang menghubungkan beberapa fasilitas masyarakat, yakni sebagai akses pemukiman warga, akses pendidikan, pelayanan publik, serta akses ke perkebunan masyarakat.

"Keluhan kami yaitu kondisi jalan lingkar Wamelai, kondisi ini sangat memprihatinkan, sebab ini ialah jalur strategis yang ramai dilalui masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, Alumni Teknik Arsitek UHO ini mengaku, keluhan lainnya yang disampaikan masyarakat mengenai pasar Lawa, termasuk rehabiltasi lapak penjualan, rehabilitasi kantor pasar Lawa, serta jalan penghubung dalam pasar.

"Kondisi jika hari pasar datang, jalan poros Lambubalano-Matakidi menjadi macet, sebab areal parkir yang belum memadai," ucapnya.

Maka masyarakat menawarkan alternatif, dengan menunjuk di belakang pasar, di mana ada ruas jalan yang menghubungkan jalan lingkar Wamelai dengan pasar Lawa, ini juga menjadi jalur bongkar muat barang yang akan diperjual belikan di pasar.

"Titiknya itu pas di samping rumah Almarhum L.M. ANE (Kolindono), itu sekitar 150 meter," pungkasnya.

Kemudian selain peninjauan jalan dan pasar Lawa, dikatakannya Pj Bupati Muna Barat sempat memantau proses rehab gedung barugano Lawa, dalam kunjungan itu Pj bupati memastikan proses kegiatan serta bobot pekerjaan dan keterlibatan masyarakat lokal.

Baca Juga: Asisten 1 Pemda Buton Minta Maaf Usai Sebut Watak Kasoami dan Kabuto

Sehingga atas kunjungan itu, Ketua DPC BMI Muna Barat, berharap kepada pemerintah agar beberapa keluhan masyarakat dapat segera direalisasikan dan ada pemerataan pembangunan di tiga wilayah besar.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Muna Barat, Asis Aminudin menyampaikan, dalam peningkatan jalan lingkar Wamelai akan direncanakan pada APBD Perubahan 2022 dengan anggaran Rp 1,2 miliar.

"In Syaa Allah setelah penetapan APBD Perubahan, kita akan segera usulkan untuk dilakukan pemilihan penyedia di ULP," ungkapnya.

Kemudian terkait dengan pagar pasar Lawa, perbaikan kantor pasar dan penataan lapaknya, ia menyebut akan dianggarkan pada APBD Perubahan melalui Dinas Perdagangan. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga