Area Wisata Puncak di Wakatobi Dilalap Si Jago Merah

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Jumat, 06 Agustus 2021
0 dilihat
Area Wisata Puncak di Wakatobi Dilalap Si Jago Merah
Penampakan area puncak Kahianga yang terbakar. Foto: Boy Candra F/ Telisik

" Warga khawatir jika sejumlah kandang sapi dan kambing, serta instalasi listrik ikut terbakar "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Kebakaran hebat terjadi di kawasan puncak Kahianga, Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi, Jumat (6/8/2021). Tepatnya tidak jauh di bawah kawasan wisata.

Berdasarkan penuturan masyarakat yang saat itu berada di puncak, La Dian mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 16.00 WIB, dengan bermula dari arah Timur perbukitan.

Karena musim angin saat ini, sehingga kebakaran merambat cepat dalam kurun waktu beberapa menit, kemudian api mulai menjalar ke samping jalan bagian Barat.

”Saya sementara mengambil batu dan sudah terlihat asap tebal, kami bergegas turun. Kami tidak tahu kenapa bisa terbakar besar, mungkin ada orang yang sengaja bakar,” ujar La Dian yang juga warga setempat.

Dari pantauan Telisik.id, kebakaran juga menyelimuti rumah pekerja proyek Islamic Center, sampai jalan poros Usuku - Kahianga tertutup oleh kobaran api.

Baca Juga: Atasi Penyumbatan Drainase, DLHK Kendari Siapkan 46 Petugas

Baca Juga: Inspiratif, Perwira Polisi Doyan Bangun Mesjid

Warga khawatir jika sejumlah kandang sapi dan kambing, serta instalasi listrik ikut terbakar. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut, beberapa warga yang memiliki kambing berjaga di area peternakan miliknya.

"Saat ini sudah ada beberapa warga yang sudah siap siaga melihat peternakannya, dan yang tinggal di area bangunan takut sewaktu- waktu di lahap api. Sehingga dari tadi sore kami sudah ada di wilayah sambil berjaga-jaga," ujar Zulfikar, salah satu pemilik Kedai Kopi Kahianga yang tidak jauh dari lokasi kejadian.

Hingga berita ini dibuat, kobaran api tersebut belum bisa dipadamkan. (B)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga