Argentina Bantai Juara Eropa Italia 3-0, Lionel Messi Beri 2 Assist

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 02 Juni 2022
0 dilihat
Argentina Bantai Juara Eropa Italia 3-0, Lionel Messi Beri 2 Assist
Lionel Messi mengangkat piala Finalissima setelah membantu Argentina mengalahkan Italia. Foto: Repro AP Photo

" Argentina dan Italia dipertemukan sebagai juara kompetisi di masing-masing benua "

LONDON, TELISIK.ID - Finalissima edisi ketiga  digelar di Wembley Stadium pada Kamis (2/6/2022) dini hari dan mempertemukan Italia dan Argentina. Albiceleste keluar sebagai pemenang dengan skor 3-0.

Argentina dan Italia dipertemukan sebagai juara kompetisi di masing-masing benua. Seperti diketahui, Argentina menjuarai Copa America 2021, sementara Italia keluar sebagai pemenang dari ajang Euro 2020.

Melansir detik.com, jual beli serangan terjadi sejak menit-menit awal. Pada menit kedua, Angel Di Maria langsung mengancam gawang Italia. Lewat sepakan jarak jauhnya, bolanya masih melenceng dari gawang Gianluigi Donnarumma.

Italia baru bisa membalas mengancam di menit ke-12. Giacomo Raspadori bisa meneruskan sodoran Jorginho dengan sepakan dari luar kotak penalti, namun bolanya masih bisa diredam kiper Argentina, Emiliano Martinez.

Italia punya peluang bagus di menit ke-21. Umpan Raspadori bisa ditanduk Andrea Belotti, namun bolanya masih bisa diantisipasi Martinez.

Serangan yang dibangun Argentina berbuah manis pada menit ke-24. Tusukan Lionel Messi di sisi kiri, meski dikawal Di Lorenzo, bisa diteruskan dengan mengumpan bola ke tengah kotak penalti, yang bisa dicocor Lautaro Martinez menjadi gol lewat sontekan kaki kanannya. Argentina unggul 1-0.

Baca Juga: Malam Ini Hadapi Bangladesh di FIFA Matchday, Berikut Prediksi Pemain Timnas Indonesia

Tertinggal membuat Italia kesulitan. Praktis tak ada peluang balasan dihadirkan anak asuh Roberto Mancini.

Malah gawangnya kembali bobol di akhir babak pertama. Serangan rapi Argentina, yang hanya melibatkan tiga pemain: Emiliano Martinez, Lautaro, dan Di Maria, bisa menghadirkan gol.

Berawal dari sepakan Emi ke depan, bola bisa diterima Lautaro di tengah. Striker Inter itu kemudian membawa sendirian bola ke depan, sebelum memberi umpan terobosan ke Di Maria. Winger 34 tahun itu kemudian bisa menyontek bola melewati Donnarumma, dan bolanya masuk ke gawang Italia. Skor 2-0 untuk keunggulan Argentina bertahan hingga jeda.

Melansir Bola.net, mengawali babak kedua, Roberto Mancini selaku pelatih Italia melakukan tiga pergantian pemain sekaligus dengan memasukkan Manuel Lazzari, Manuel Locatelli, dan Gianluca Scamacca. Gli Azzurri mulai menjalankan rencananya untuk mengejar ketertinggalan.

Argentina merespon niat Italia dengan saling mengoper ke satu sama lain. Tujuannya tentu agar bola terus tidak berpindah ke sisi lawan. Situasi ini membuat pemain Gli Azzurri frustrasi hingga melakukan pelanggaran-pelanggaran keras.

Baca Juga: Pembinaan Atlet Dayung Muna Barat Dapat Porsi APBD

Gol ketiga nyaris tercipta pada menit ke-56. Leonardo Bonucci hampir melakukan gol bunuh diri. Pemain Juventus tersebut mengoper bola ke arah gawang saat Donnarumma belum siap menerima. Untungnya, Donnarumma bisa menghentikan bola sebelum melewati garis gawang.

Italia benar-benar kesulitan untuk mengejar ketertinggalan. Argentina sendiri tampak nyaman melakukan tekanan kepada Gli Azzurri. Beberapa kali mereka mencatatkan peluang emas yang membuat Donnarumma jatuh bangun menghentikan bola.

Gol lagi! Argentina menutup pertandingan dengan gol ketiganya lewat Paulo Dybala pada masa injury time, memanfaatkan asis dari Lionel Messi. Duel pun berhasil dimenangkan Argentina dengan skor telak 3-0. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga