adplus-dvertising

Arhan Jadi Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020, Kalahkan Punggawa Thailand

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 02 Januari 2022
788 dilihat
Arhan Jadi Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020, Kalahkan Punggawa Thailand
Pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan jadi pemain muda terbaik piala AFF 2020. Foto: Repro affsuzukicup.com

" Bek Squad Garuda, Pratama Arhan, menjadi pemain muda terbaik di Piala AFF 2020, mengalahkan 5 pesaing lainnya "

SINGAPURA, TELISIK.ID - Bek Timnas Indonesia Pratama Arhan menjadi pemain muda terbaik di Piala AFF 2020. Dia mengalahkan 5 pesaing lainnya.

Pratama Arhan mengungguli 5 pemain muda yang masuk nominasi yakni Alfeandra Dewangga, Witan Sulaeman dari Indonesia, pemain Kamboja Sieng Chanthea, Paulo Gali pilar Timor Leste dan penggawa Thailand Thanawat Suengchitthawon. Pemenang penghargaan ini dipilih melalui voting.

Dilansie Inews.id, penghargaan ini diumumkan di akun Twitter @Affsuzukicup, dilihat Sabtu, (1/1/2022). Penampilan Arhan selama Piala AFF 2020 menang sangat menawan. Dia sangat eksplosif di sisi kiri Skuad Garuda.


Pemuda berusia 20 tahun itu memiliki artribut komplet sebagai seorang bek sayap. Dia sangat bagus saat bertahan dan menyerang.

Tusukan di sisi lapangan beberapa kali membuat Indonesia mendapat peluang. Salah satu penampilan terbaiknya adalah saat melawan Malaysia.

Baca Juga: Indonesia Wajib Lakukan Ini Jika Mau Hancurkan Thailand di Leg Kedua Piala AFF

Dia menyumbang satu gol spektakuler ke gawang Malaysia ketika Indonesia menang besar 4-1. Gol itu juga mengantarkan Arhan menjadi pemain terbaik laga yang berlangsung 19 Desember 2021.

Total Arhan sudah mengemas 2 gol dan 1 assist selama Piala AFF 2020. Satu hal yang paling menonjol dari Arhan adalah lemparan ke dalam.

Dia mempunyai lemparan ke dalam super jauh. Beberapa aksi lemparan ke dalamnya membuat lini pertahanan lawan ketar-ketir.

Baca Juga: Sejarah Bergulirnya Piala AFF yang Wajib Kamu Tahu

Arhan diprediksi akan semakin matang di tahun-tahun berikutnya. Bahkan dia sempat dikabarkan diminati klub asal Korea Selatan dan Jepang.

Dilansir dari Linetoday, Arhan sapaan akrabnya, lahir di Blora 21 Desember 2001 silam. Bakat Arhan mulai tercium ketika ia bermain 90 menit di empat pertandingan PSIS Semarang di Piala Menpora 2021. 

Orangtua Pratama Arhan Alif Rifai bernama Surati Inawati Ragil dan Sutrisno. Bakat Pratama Arhan terus memukau hingga membuatnya dipanggil memperkuat Timnas Indonesia U-19 saat menghadapi Bulgaria U-19 pada pada 5 September 2020. Masih di tim yang sama, ia kembali dipercaya untuk menunjukkan aksinya dalam pertandingan melawan Makedonia Utara.

Perjuangan Pratama Arhan tak sia-sia. Kariernya langsung menanjak dengan memperkuat Timnas senior kala melakukan pertandingan persahabatan tanggal 25 Mei 2021 di Dubai melawan Afghanistan. Kini di bawah asuhan pelatih asal Korsel, Shin Tae-yong, Pratama Arhan yang berposisi sebagai bek kiri menjadi andalan Timnas di ajang Piala AFF 2020. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga