Arus Balik di Pelabuhan Nusantara Kendari Belum Capai Puncak

Riksan Jaya, telisik indonesia
Minggu, 14 April 2024
0 dilihat
Arus Balik di Pelabuhan Nusantara Kendari Belum Capai Puncak
Penyerahan berkas daftar penumpang oleh Kepala KSOP Kelas II Kendari, Capt. Raman (Topi Biru) kepada Nahkoda kapal Express Bahari 5E tujuan Bau-Bau. Foto: Riksan Jaya/Telisik

" Hingga pada Minggu (14/4/2024), kedatangan penumpang di Pelabuhan Nusantara Kendari terpantau belum mencapai puncak arus balik pasca libur dan cuti bersama hari raya Idul Fitri 1445 H/2024 M "

KENDARI, TELISIK.ID - Hingga pada Minggu (14/4/2024), kedatangan penumpang di Pelabuhan Nusantara Kendari terpantau belum mencapai puncak arus balik pasca libur dan cuti bersama hari raya Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari, Capt. Raman mengatakan, hari ini belum mencapai puncak arus balik ke Pelabuhan Nusantara Kendari berdasar pantauan dan data yang ada.

“Mungkin hari ini belum ya. Kemungkinan besok atau lusa baru puncaknya, kalau diliat dari trendnya. Banyak yang datang tapi diliat dengan yang kita berangkatkan kurang lebih 29.000 ini belum seberapa yang balik ke Kendari,” katanya.

Baca Juga: 4 Titik Rawan di Kota Kendari jadi Target Operasi Pasca Lebaran

Kendati demikian, Capt. Rahman menambahkan, pihaknya selalu bersiaga untuk menghadapi puncak arus mudik yang diperkirakan akan berlangsung besok, Senin (15/4/2024).

“Jadi kami mulai tanggal 25 Maret sampai 26 April. Kita selalu standby (untuk arus mudik dan arus balik), dibantu TNI, kepolisian, Basarnas, pihak kesehatan, ada juga dari Pelindo,” tambahnya.

Lebih lanjut, Capt. Rahman mengungkapkan bahwa permasalahan yang dihadapi setiap tahunnya adalah karena kuota kapal yang kurang, dan tahun ini ia bersyukur karena jumlah kapal yang disediakan terpenuhi.

“Permasalahan tahun sebelumnya kan memang kapal, alhamdulillah tahun ini kapal terpenuhi,” tutupnya.

Salah satu penumpang kapal Sabuk Nusantara Rute Bobong - Kendari yang enggan menyebut namanya mengatakan, sengaja berangkat lebih awal, agar dapat segera beristirahat sesampainya di Kendari, mengingat waktu perjalanan yang cukup lama.

Baca Juga: Sampah Menggunung Sejak Lebaran, Warga Kendari Keluhkan Bau Busuk

“Ada mungkin 20 jam, makanya saya sengaja datang cepat supaya bisa istrahat dulu,” katanya, Minggu (14/4/2024)

Sementara penumpang lainnya di Kapal Expres Bahari 5E tujuan Raha, Amir mengatakan bahwa dirinya berasal dari Wakumoro, Kabupaten Muna dan harus segera kembali karena ada urusan pekerjaan.

“Saya sebenarnya mudik ke Kendari, bahkan shalat Ied di sini, tapi karena besok kita sudah mulai buka toko, makanya saya pulang ini hari, takut terlambat,” imbuhnya, Minggu (14/4/2024). (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga