Arus Balik Pemudik, 120 Ribu Kendaraan Bergerak Menuju Jakarta

Marwan Azis, telisik indonesia
Jumat, 06 Mei 2022
0 dilihat
Arus Balik Pemudik, 120 Ribu Kendaraan Bergerak Menuju Jakarta
Sebanyak 120 ribu kendaraan arus balik pemudik menuju Jakarta. Foto : Antara

" Terdapat sekitar 120 ribu kendaraan telah bergerak melakukan arus balik menuju Jakarta "

JAKARTA, TELISIK.ID - Hingga Jumat (6/5/2022) siang, terdapat sekitar 120 ribu kendaraan telah bergerak melakukan arus balik menuju Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Kabag Binaopsnal Ditlantas Polda Jabar, AKBP Bayu Catur Prabowo.

Bayu mengatakan, 70 persen kendaraan berasal dari gerbang tol Palimanan menuju Cikatama.

"Dari jumlah 120.000 itu, 70 persen itu berasal dari gate tol Palimanan, yang kita cek memasuki gate tol Cikatama," ungkapnya seperti dikutip Telisik.id dari Antara.

Ia menambahkan, selain dari gerbang tol Palimanan, beberapa kendaraan lainnya yang bergerak menuju arah Jakarta berasal dari beberapa daerah di Jawa Barat.

"Jadi kita ada dua parameter, yang pertama dari gate tol Palimanan, kemudian ditambah masyarakat yang berasal dari daerah Jawa Barat sendiri," tuturnya.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Terapkan One Way, Lalin Tol Jakarta-Cikampek Terpantau

Seperti dari gate tol Palimana sendiri, ada yang berasal dari wilayah Indramayu, Subang, Majalengka kemudian Purwakarta, di jumlah terakhir adalah gate tol Cikatama.

"Itu parameter kami yang pertama," sambung dia.

Parameter kedua katanya, adalah kendaraan yang dari Cileunyi, jalur selatan, kemudian ditambah kendaraan dari wilayah Kota Bandung, Cimahi, Purwakarta.

Baca Juga: Keliling Jakarta, Belasan Ribu Warga Jajal Bus Tingkat Wisata Transjakarta

"Hitungan terakhir kita adalah di gate tol Kalitama, sehingga 70 persen kendaraan yang mengarah ke Jakarta, itu dari gate tol Cikatama yang berarti berasal dari arah utara," pungkasnya.

Pada hari ini, merupakan permulaan puncak dari arus balik yang diprediksi akan terus meningkat hingga Minggu mendatang. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Kardin

Baca Juga