Arus Balik Usai Pemilu, Penumpang Feri Membludak hingga Nginap di Pelabuhan

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Minggu, 18 Februari 2024
0 dilihat
Arus Balik Usai Pemilu, Penumpang Feri Membludak hingga Nginap di Pelabuhan
Antrean penumpang yang menggunakan kendaraan roda dua di pelabuhan feri Tampo, Kabupaten Muna. Foto: Febry Jahra Lestiani/Telisik

" Penumpang di pelabuhan feri Tampo-Torobulu membludak. Banyak di antara penumpang memilih menginap di pelabuhan agar mendapatkan antrean pertama masuk ke kapal "

MUNA, TELISIK.ID - Empat hari usai pemilu yang dilaksanakan pada Rabu (14/2/2024), pemudik ramai-ramai kembali ke perantauan usai mencoblos di kampung halaman. Hal itu menyebabkan penumpang di pelabuhan feri Tampo, Kabupaten Muna, membludak.

Banyak di antara penumpang memilih menginap di pelabuhan agar mendapatkan antrean pertama masuk ke kapal. Meski cuaca mendung dan sedikit gerimis tak mematahkan semangat para calon penumpang yang sudah stay di pelabuhan sejak malam.

Bahkan pada pukul 5 dini hari, kendaraan motor sudah memenuhi hingga keluar dari area batas. Hari Minggu dipilih untuk waktu kembali karena bertepatan dengan hari libur.

Salah seorang penumpang, Suriani mengatakan, ia sudah berada di pelabuhan sejak pukul 5 dini hari tadi dan mendapati suasana pelabuhan sudah padat.

Baca Juga: Calo Pelabuhan Marak, Manfaatkan Arus Balik Pasca Lebaran

“Selesai adzan Subuh saya sudah sampai di sini tapi antreannya juga sudah keluar dari batas yang di depan,” jelasnya.

Selain itu, calon penumpang lainnya, Amal Muliono, rela menginap di pelabuhan bersama teman-temannya agar tak terburu-buru di perjalanan.

Baca Juga: Begini Antisipasi Lonjakan Penumpang Kapal Malam Rute Kendari-Raha Jelang Pemilu 2024

“Lebih baik kita tidur di pelabuhan dari pada harus terburu-buru di perjalanan. Lagi pula kita bisa masuk di barisan pertama batas kendaraan motor,” jelasnya.

Agusyono salah seorang pemilik kapal kecil, menawarkan kepada calon penumpang yang tak ingin berlama-lama di pelabuhan agar memilih alternatif menggunakan kapalnya melalui rute Tampo-Lainea.

“Mungkin dari penumpang yang buru-buru bisa pilih saja lewat jalur Lainea langsung berangkat,” ucapnya sambil menawarkan jasa kepada para calon penumpang. (A)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga