adplus-dvertising

AS Nyatakan Dukung Penuh Serangan Israel ke Wilaya Gaza

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Kamis, 13 Mei 2021
1651 dilihat
AS Nyatakan Dukung Penuh Serangan Israel ke Wilaya Gaza
AS dukung serangan Israel terhadap Palestina. Foto: Repro Wartaekinomi.id

" Austin menyampaikan dukungan kuat untuk hak sah Israel untuk membela diri dan rakyatnya, dan dia dengan keras mengutuk peluncuran roket oleh Hamas dan kelompok (teroris) lainnya "

WASHINGTON, TELISIK.ID - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Lloyd Austin, menegaskan dukung penuh serangan yang di lancarkan Israel ke wilaya Gaza Palestina.

Disisi lain, Juru bicara Pentagon, John Kirby mengatakan, penegasan dukungan tersebut disampaikan Austin saat melakukan komunikasi dengan para pejabat Israel.

"Austin menyampaikan dukungan kuat untuk hak sah Israel untuk membela diri dan rakyatnya, dan dia dengan keras mengutuk peluncuran roket oleh Hamas dan kelompok (teroris) lainnya," ucap Kirby dikutip dari Sindonews.com, Kamis (13/5/2021)


Saat ini, pasukan Pertahanan Israel telah membombardir Jalur Gaza, secara besar-besaran dengan 80 jet tempur termasuk jet tempur siluman F-35.

Misinya untuk menghancurkan situs-situs peluncuran roket kelompok Hamas di wilayah tersebut.

Baca Juga: Balas Serangan Israel, Hamas Tembak 130 Roket ke Tel Aviv

Selain itu, melihat bayaknya korban yang terus berjatuhan di palestina, koordinator khusus PBB perdamaian Timur Tengah yakni Tor Wennesland meminta agar perselisihan ini segera dihentikan.

"Hentikan segera penembakan. Kita sedang mengarah ke perang berskala penuh. Pimpinan kedua pihak harus mengambil tanggungjawab untuk meredakan kekerasan," demikian cuitnya di Twitter.

Mengutip Wartaekinomi.id, pernyataan Wennesland itu juga sekaligus menyinggung AS yang menunda mengeluarkan pernyataan bersama dengan 15 anggota Dewan Keamanan PBB.

Hingga saat ini, Wasinghton AS dilaporkan masih menolak draf penyataan yang menghentikan konflik yang terjadi di palestina.

Mendegar penyataan itu, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price pun masih menolak menjawab secara langsung.

Baca Juga: Gaza Mencekam, Israel Serang Palestina dengan Roket dan Bom 20 Orang Tewas

Sebelumnya, babak baru konflik ini terjadi menyusul ketegangan di Yerusalem yang merupakan simbol nasional dan juga agama.

Dikutip dari BBC.com bahwa klaim atas lokasi itu pun kerap memicu kekerasan.

Salah satuhnya adalah tindakan kejam Israel yang memgusir warga palestina di wilaya tersebut hingga terjadi konflik antara keduanya hingga saat ini. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga