Asah Kemampuan Siswa dan Ciptakan SDM Unggul, Dikbud Sulawesi Tenggara Bakal Gelar Lomba Seni

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 20 November 2023
0 dilihat
Asah Kemampuan Siswa dan Ciptakan SDM Unggul, Dikbud Sulawesi Tenggara Bakal Gelar Lomba Seni
UPTD Museum dan Taman Budaya Sulawesi Tenggara di Jalan Abunawas, Kelurahan Kadia, Kecamatan Kadia, Kota Kendari. Foto: Ist.

" Mengasah kemampuan siswa SMA/SMK se-Sulawesi Tenggara, UPTD Museum Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara bakal mengadakan lomba seni "

KENDARI, TELISIK.ID - Mengasah kemampuan siswa SMA/SMK se-Sulawesi Tenggara, UPTD Museum Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara bakal mengadakan lomba seni.

Lomba ini bakal dimulai pada 20-22 November 2023 pukul 15.00 Wita yang berlokasi di area UPTD Museum dan Taman Budaya Sulawesi Tenggara di Jalan Abunawas, Kelurahan Kadia, Kecamatan Kadia, Kota Kendari.

Ketua Panitia Lomba Seni, Nony mengatakan, ada 3 item kegiatan yang diperlombakan yakni desain poster, menyanyi solo, dan pembacaan puisi. Perlombaan ini bukan tanpa alasan, melainkan untuk mengasah kemampuan siswa sehingga bisa menyalurkan hobi ataupun kemampuannya masing-masing.

“Pesertanya adalah siswa-siswi SMA/SMK di Sultra. Sudah banyak yang mendaftar ini,” katanya, Minggu (19/11/2023).

Lomba ini juga menjadi ajang untuk menjadi salah satu siswa dalam pengelolaan sumber daya manusia (SDM)  unggul dan berdaya saing dalam menatap persaingan dunia yang bertumpu pada inovasi, kreativitas berbasis khazanah budaya adiluhung bangsa.

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Dorong Teaching Factory, Persiapkan Siswa SMK ke Dunia Kerja

Penyiapan talenta unggul di bidang seni budaya jadi salah satu kunci Indonesia bisa berjaya di masa depan, dan itu sedang dilakukan oleh Dikbud Sulawesi Tenggara.

Pemilihan ketiga kategori lomba tersebut bukan tanpa alasan. Lomba poster bertujuan untuk menginspirasi kreativitas, mempromosikan pemahaman atas suatu topik, dan mengembangkan keterampilan desain grafis serta komunikasi visual mereka.

Sedangkan lomba menyanyi bertujuan untuk memberikan platform bagi para siswa untuk mengekspresikan bakat musik mereka, mengasah keterampilan vokal, membangun rasa percaya diri di atas panggung, dan merangsang apresiasi terhadap seni musik.

Dikbud Sulawesi Tenggara ikut mendukung terselenggaranya lomba seni di bawah inisiasi UPTD Taman Budaya. Foto: Nur Khumairah/Telisik

 

Dan lomba membaca puisi bagi siswa SMA bertujuan untuk memperluas pemahaman mereka tentang puisi, meningkatkan keterampilan membaca dengan ekspresi yang baik, mempromosikan sastra dan ekspresi diri melalui kata-kata, serta memupuk kecintaan terhadap seni tulis-menulis.

Noni menambahkan, kegiatan ini juga untuk mempererat silaturahmi sekaligus dapat mengasah bakat dan kemampuan siswa-siswi SMA/SMK di Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Job Fair, Dikbud Gandeng Perusahaan Buka Lapangan Kerja Alumni SMK

Bagi peserta yang memenuhi kriteria dan keluar sebagai pemenang, panitia juga menyediakan sejumlah hadiah menarik. Noni juga menyampaikan ucapan terima kasihnya pada Kepala Dinas Dikbud Sulawesi Tenggara, Yusmin, sebab telah mendukung progres kegiatan tersebut.

Dikutip dari Ngawikab.go.id, lomba seni merupakan salah satu program dalam upaya pembinaan, pengembangan, peningkatan mutu kesenian di sekolah, sebagai salah satu strategi memasyarakatkan seni di lingkungan sekolah.

Lomba seni merupakan salah satu aspek penting karena pendidikan seni memiliki peranan dalam pembentukan pribadi siswa yang harmonis antara logika, etika, estetis, artistik dalam pengembangan kreativitas dalam menumbuhkan kesadaran, kemampuan berapresiasi terhadap keragaman budaya. (B-Adv)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga