Asam Lambung Naik? Simak 6 Langkah Pertolongan Pertama

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 04 Juni 2022
0 dilihat
Asam Lambung Naik? Simak 6 Langkah Pertolongan Pertama
Asam lambung naik bukan sebuah penyakit, melainkan gejala dari penyakit tertentu. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, terutama orang yang mengalami gangguan pencernaan yang berkaitan dengan lambung. Foto: Repro INTEGRATIVEMEDICA.com

" Bila lambung menghasilkan jumlah asam yang terlalu banyak, gangguan lambung pun terjadi "

KENDARI, TELISIK.ID - Asam lambung merupakan hal yang normal terjadi dalam tubuh. Namun jika ini naik, maka akan sangat mengganggu.

Dikutip dari hellosehat.com, asam lambung adalah asam yang terdiri dari kalium klorida, natrium klorida, dan asam klorida.

Asam yang diproduksi organ lambung sebanyak 3-4 liter per harinya ini berfungsi mencerna makanan dan enzim pencernaan untuk memecah protein.

Normalnya, pH asam lambung berkisar antara 1-3. Bila lambung menghasilkan jumlah asam yang terlalu banyak, gangguan lambung pun terjadi. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan aliran balik asam lambung atau asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Asam lambung naik bukan sebuah penyakit, melainkan gejala dari penyakit tertentu. Namun, kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, terutama orang yang mengalami gangguan pencernaan yang berkaitan dengan lambung.

Pertolongan pertama asam lambung naik bisa mengurangi rasa tidak nyaman yang muncul. Melansir alodokter.com, berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan meliputi:

1. Melonggarkan pakaian yang dikenakan

Saat asam lambung naik, Anda dianjurkan untuk mengendurkan ikat pinggang atau melepas kancing celana yang digunakan. Ini karena salah satu pemicu asam lambung naik adalah tekanan pada perut akibat dari penggunaan pakaian atau celana yang terlalu ketat.

2. Menegakkan posisi duduk

Jika asam lambung naik saat Anda sedang berbaring, cobalah untuk segera bangun dan duduk tegak. Postur tubuh yang tegak bisa mengurangi tekanan pada katup antara kerongkongan dan lambung, sehingga menghentikan naiknya asam lambung

Baca Juga: 10 Tanda Penyakit Ginjal, Segera Cek

3. Meninggikan posisi kepala

Apabila naiknya asam lambung terjadi saat malam atau saat waktu tidur tiba, tidurlah dengan posisi kepala lebih tinggi. Bila perlu, sangga bagian pinggang dengan bantal agar posisi tidur membentuk sudut 30–45 derajat. Posisi tidur seperti ini bisa meringankan keluhan asam lambung naik.

4. Mengonsumsi minuman yang mengandung jahe

Pertolongan pertama asam lambung naik selanjutnya adalah mengonsumsi minuman jahe. Jahe diketahui mengandung asam fenolik yang diduga mampu meredakan iritasi pada saluran cerna dan mencegah naiknya asam lambung.

Kandungan zat antiradang di dalam jahe pun dapat meredakan mual yang biasanya juga muncul saat asam lambung naik.

5. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet bisa meredakan gejala asam lambung naik, sebab gerakan mengunyah bisa membuat produksi air liur meningkat dan membuat Anda menelan lebih banyak.

Tindakan ini bisa mengencerkan dan membersihkan asam lambung di kerongkongan, sehingga gejala asam lambung membaik.

Baca Juga: Minum Kopi dapat Turunkan Berat Badan, Benarkah Efektif?

6. Mengonsumsi madu

Konsumsi madu dapat meringankan asam lambung yang naik, karena kandungan di dalamnya diduga mampu melindungi dinding kerongkongan dari iritasi, bahkan mengurangi peradangan.

Untuk mendapatkan manfaat madu ini, Anda dapat mengonsumsi 1 sendok teh madu secara langsung atau bisa juga mencampurnya ke dalam air hangat atau teh yang akan dikonsumsi. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga