adplus-dvertising

ASN Cek Rekening Sekarang, Gaji ke-13 Sudah Cair Rp 8,8 Triliun

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 01 Juli 2022
327 dilihat
ASN Cek Rekening Sekarang, Gaji ke-13 Sudah Cair Rp 8,8 Triliun
Pemerintah melalui Kementerian Keuangan memastikan gaji ke-13 para Aparatur Sipil Negara (ASN) akan cari pada hari ini, Jumat (1/7/2022). Foto: Repro Pemerintah.net

" Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan gaji ke-13 para aparatur sipil negara (ASN) akan cair pada hari ini, Jumat (1/7/2022) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan gaji ke-13 para aparatur sipil negara (ASN) akan cair pada hari ini, Jumat (1/7/2022).

Hal ini disampaikan Direktur Pelaksanaan Anggaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu Tri Budhianto.

Tri mengatakan, bagi instansi pemerintah pusat maupun daerah yang telah mengirimkan surat perintah pembayaran (SPM) gaji ke-13 akan dipastikan cair sesuai jadwal.


"Sampai saat ini sudah dilakukan pembayaran sejumlah Rp 8,8 triliun untuk 1.832.709 pegawai. Itu hanya realisasi K/L, daerah dan pensiunan kami belum dapat laporan dari daerah," kata Tri kepada dilansir detik.com.

Baca Juga: Bukan Hanya Pertalite, Pembeli Gas LPG 3 Kilogram Wajib Daftar MyPertamina

Sebelumnya dilansir dari Kompas.com, Menkeu Sri Mulyani akan mencairkan gaji ke-13 untuk para ASN dan pensiunan. Meliputi tambahan 50 persen tunjangan kinerja mulai 1 Juli.

Dengan demikian, gaji ke-13 tahun ini akan dibayarkan sebesar gaji atau pensiunan pokok ditambah dengan tunjangan yang melekat pada gaji atau pensiunan pokok tersebut. Yaitu tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum, serta 50 persen tunjangan kinerja.

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1443 H Jatuh pada Minggu 10 Juli 2022

Bagi pemerintah daerah, aturannya adalah paling banyak 50 persen tambahan penghasilan dengan memperhatikan kemampuan dari masing-masing Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) atau fiskal daerah dan diberikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sri Mulyani menuturkan, anggaran yang digelontorkan pemerintah untuk membayar gaji ke-13 sebesar Rp 35,5 triliun yang tersedia di berbagai kementerian/lembaga, APBD, hingga pos Bendahara Umum Negara (BUN). (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Musdar

Baca Juga