Astronot Temukan Planet Bisa Ditinggali Manusia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 09 Februari 2023
0 dilihat
Astronot Temukan Planet Bisa Ditinggali Manusia
Wolf 1069 b merupakan planet dengan kondisi geografi didominasi oleh bebatuan, hanya saja planet tersebut mengorbit di zona bintang layak huni. Foto: Repro Sapce.com

" Sekelompok astronom berhasil menemukan planet luar tata surya yang bisa ditinggali manusia "

ALMERIA, TELISIK.ID - Sekelompok astronom berhasil menemukan planet luar tata surya yang bisa ditinggali manusia. Eksoplanet bernama Wolf 1069 b itu berjarak 31 tahun cahaya dari bumi.

Melansir Sindonews.com, Wolf 1069 b merupakan planet dengan kondisi geografi didominasi oleh bebatuan, hanya saja planet tersebut mengorbit di zona bintang layak huni. Hal itu membuat Wolf 1069 b berpotensi memiliki air di permukaannya.

"Ketika Kami menganalisis data bintang Wolf 1069, Kami menemukan sinyal jelas dengan amplitudo rendah dari apa yang tampak sebagai planet dengan massa kira-kira bumi," jelas Diana Kossakowski, astronom dari Institut Astronomi Max Planck, Jerman.

Dikutip dari Space.com, Wolf 1069 b terletak di dalam zona layak huni bintangnya meskipun periode orbitnya jauh lebih pendek yaitu 15,6 hari karena bintangnya adalah bintang kerdil merah, artinya jauh lebih kecil dari matahari kita dan Wolf 1069 b menerima sekitar 65 persen pancaran matahari yang diterima bumi. 

Ini meningkatkan prospek kelayakhunian, dengan suhu permukaan yang relatif diinginkan berkisar antara minus 139,27 derajat Fahrenheit (minus 95,15 derajat Celsius) dan 55,13 F (12,85 C), dengan rata-rata minus 40,25 F (minus 40,14 C). 

Baca Juga: Temuan Ilmuan Mengenai Dua Planet Mirip Bumi Diklaim Layak Huni

Salah satu fitur unik Wolf 1069 b adalah ia terkunci secara pasang surut ke bintang induknya, artinya satu sisi selalu siang hari dan sisi berlawanan selalu gelap. (Atribut ini dimiliki oleh bulan dalam orbitnya mengelilingi bumi, serta sebagian besar planet ekstrasurya yang dapat dihuni yang mengorbit bintang kerdil merah).

Sementara penguncian pasang surut berarti planet tersebut tidak memiliki siklus siang/malam seperti bumi, para peneliti berharap bahwa siang hari masih bisa membanggakan kondisi layak huni. 

Penemuan Wolf 1069 b yang luar biasa dimungkinkan dengan instrumen CARMENES (Calar Alto High-Resolution Search for M Dwarfs with Exoearths with Near-infrared and Optical Échelle Spectographs) pada teleskop 11,5 kaki (3,5 meter) di Calar Alto Observatorium di Spanyol. 

Baca Juga: Astronom Temukan Planet Ekstrasurya, Miliki Kepadatan Seperti Marshmallow

Mengingat jarak yang relatif pendek dari bumi yaitu 31 tahun cahaya, Wolf 1069 b sekarang menjadi zona exoplanet layak huni massa-bumi terdekat keenam, yang lainnya dalam urutan peningkatan jarak, Proxima Centauri b, GJ 1061 d, Bintang Teegarden c, dan GJ 1002 b dan c.

Para peneliti juga mencatat bahwa simulasi iklim model iklim global menempatkan Wolf 1069 b dalam kelompok kecil exoplanet yang merupakan target potensial dalam pencarian biosignatures, atau sidik jari kimia kehidupan. Namun, teknologi penelitian astronomi saat ini belum dapat melakukan pencarian tersebut.

"Kami mungkin harus menunggu 10 tahun lagi untuk ini, meskipun sangat penting bagi kami untuk mengembangkan fasilitas kami mengingat sebagian besar dunia terdekat yang berpotensi layak huni hanya terdeteksi melalui metode RV (kecepatan radial)," kata Kossakowski dalam pernyataannya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga