Atasi Banjir, PUPR Kota Kendari dan The Park Normalisasi Drainase

Thamrin Dalby, telisik indonesia
Selasa, 24 Januari 2023
0 dilihat
Atasi Banjir, PUPR Kota Kendari dan The Park Normalisasi Drainase
Anggota DPRD Kota Kendari bersama Dinas PUPR dan perwakilan The Park melakukan survei di lokasi MTsN 1 Kendari yang sering tergenang setiap kali hujan. Foto: Thamrin Dalby/Telisik

" Semenjak The Park Kendari beroperasi, lingkungan MTsN 1 Kendari kerap digenangi air setiap kali hujan turun "

KENDARI, TELISIK.ID - Akibat sering terjadi banjir di sekitar MTsN 1 Kota Kendari, Dinas PUPR Kota Kendari dan The Park akan bekerja sama dalam melakukan normalisasi saluran air yang menyumbat drainase.

Semenjak diresmikannya The Park Kendari, MTsN 1 Kendari kerap digenangi air setiap kali hujan turun, membuat para siswa dan guru sangat terganggu dalam menjalankan aktivitas mereka.

Akibat keluhan tersebut, Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari L.M Rajab Jinik bersama Sekretaris Dinas PUPR Kota Kendari Aswido, melakukan peninjauan langsung ke lokasi tersebut dan mencari penyebab banjir yang sering terjadi di lingkungan sekolah MTsN 1 Kendari.

"Kami sudah bersama-sama tim teknis PUPR mencari akar masalahnya dan menemukan adanya sumbatan, dan Alhamdulilah tim PUPR dan pihak The Park akan bersama-sama melakukan pembenahan di drainase agar air tidak tersumbat menuju Kali Kadia," jelas L.M Rajab Jinik, Selasa (24/1/2023).

Rajab menambahkan, masalah ini bukan kesalahan pemerintah, melainkan tingkat kesadaran masyarakat yang rendah, membuang sampah sembarangan hingga drainase tersumbat.

Baca Juga: Tak Direspon Pemerintah, Warga Swadaya Atasi Banjir

Sementara Sekretaris Dinas PUPR Kota Kendari, Aswido mengaku, kasus yang terjadi di MTsN 1 Kendari bukanlah banjir melainkan hanya genangan air.

"Kami telah melakukan survei dan menanyakan ke pihak sekolah dan ternyata ini bukan banjir, melainkan hanya genangan air yang jika terjadi hujan maka sekolah tersebut akan tergenang selama 20 menit," ujar Aswido.

Baca Juga: Pemkot Berencana Libatkan Pemerintah Pusat Atasi Banjir di Kendari

Setelah ditelusuri, penyebab terjadinya genangan adalah banyaknya sampah yang nenutupi box kalper hingga menyebabkan air tersumbat.

"Jadi kami akan melakukan tindakan jangka pendek dengan melakukan normalisasi box kalper di seputaran MTsN 1 Kendari," tandas Aswindo. (A)

Penulis: Thamrin Dalby

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga