Atasi Kekurangan Guru, Dikmudora Bakal Perbanyak Usulan PPPK Tahun 2023

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Rabu, 15 Juni 2022
0 dilihat
Atasi Kekurangan Guru, Dikmudora Bakal Perbanyak Usulan PPPK Tahun 2023
Susana para guru di Kota Kendari saat mengikuti sosialisasi pemanfaatan media belajar di aula Dikmudora Kendari beberapa waktu lalu. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Demi mengatasi kekurangan jumlah guru yang hampir sekitar 2.000, Dikmudora Kendari, bakal mengusulkan jumlah penerimaan PPPK lebih banyak di tahun 2023 "

KENDARI, TELISIK.ID - Demi mengatasi kekurangan jumlah guru yang hampir sekitar 2.000, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari, bakal mengusulkan jumlah penerimaan PPPK lebih banyak di tahun 2023 nanti.

Kadis Dikmudora Kendari, Makmur mengatakan bahwa kekurangan guru menjadi masalah utama yang sedang dihadapi. Untuk itu dengan pengusulan PPPK dengan jumlah yang banyak diharapkan menjadi solusi tepat dalam mengatasi persoalan yang ada.

"Terlebih ada usulan pemerintah, bahwa tenaga honorer bakal dihapus di tahun 2023. Jika itu juga berdampak pada sektor pendidikan, maka kita bakal sangat-sangat kekurangan jumlah guru, yang di mana jumlah guru honorer lebih banyak dari pada yang PNS," ucapnya, Rabu (15/6/2022)

Sementara itu, Kasi Kurikulum dan Penilaian Dikmudora Kendari, Iran menjelaskan untuk kekurangan guru di Kota Kendari itu paling banyak di mata pelajaran olahraga, baik itu tingkat SD dan SMP.

Baca Juga: 200 Mahasiswa Akhir UHO Kendari Siapkan Diri Masuk Dunia Kerja Profesional

Baca Juga: Peringati HANI, BNNP Lakukan Khitanan dan Vaksinasi

"Serta guru Bimbingan Konseling (BK) untuk tingkat SMP, itu masih sangat kurang di Kota Kendari. Dan memang untuk sekarang, yang menutupi kekurangan 2.000 guru, kami masih mengandalkan para guru-guru honorer yang ada, untuk bisa mengajar dan mendidik para siswa-siswi," jelasnya.

Tempat berbeda, orang tua siswa, La Zami mengungkapkan guru menjadi sebuah ujung tombak untuk menciptakan SDM yang unggul. Untuk itu, kekurangan guru merupakan sebuah hal yang sangat kurang baik buat sistem pendidikan.

"Seharusnya ini bisa segera diatasi dengan baik, entah itu memberikan kesempatan bagi para lulusan pendidikan untuk mengabdi, atau lain sebagainya, dengan syarat kesejahteraan mereka terjamin. Saya yakin, kekurangan guru seperti ini, tidak akan terjadi," ujarnya. (A)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Musdar

Baca Juga