adplus-dvertising

Atasi Sifat Malas ala Orang Jepang

Haidir Muhari, telisik indonesia
Sabtu, 24 April 2021
1656 dilihat
Atasi Sifat Malas ala Orang Jepang
Melawan sifat malas dengan terbiasa mendisiplinkan diri. Foto: Repro kabarpendidikan.id

" Salah satu tips untuk melawan rasa malas dan menunda pekerjaan ala orang Jepang, masyarakat Jepang terkenal menjunjung tinggi kedisiplinan dalam melakukan suatu pekerjaan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Malas selalu saja menghinggapi manusia, tak kenal bangsa manapun.

Malas kerap susah dihindari. Walaupun boleh jadi sebelumnya telah bertekad ke diri sendiri untuk mengusir jauh-jauh rasa malas itu.

Kemalasan membuat sering tertundanya pekerjaan yang harus segera dilakukan. Hal ini mengakibatkan beberapa pekerjaan penting justru terabaikan.


Akibat itu, banyak tujuan atau target yang ditetapkan tidak tercapai. Kemalasan menjadi lebih susah dilawan karena tidak mengetahui sebabnya.

Dampak lainnya adalah kecenderungan untuk mengerjakan pekerjaan di saat-saat kritis (deadline). Meskipun kadang kala disadari bahwa kebiasaan seperti itu tidak baik untuk diteruskan

Baca juga: WhatsApp Pink, Virus yang Bisa Curi Data Ponsel

Salah satu tips untuk melawan rasa malas dan menunda pekerjaan ala orang Jepang, masyarakat Jepang terkenal menjunjung tinggi kedisiplinan dalam melakukan suatu pekerjaan.

Masyarakat Jepang sejak kecil telah terlatih untuk memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin yang tinggi. Sebagai rutinas kesehariannya, mereka biasa diminta untuk mengulang kembali kegiatan yang tidak terlalu besar tetapi positif.

Kedisiplinan itu menjadikan orang Jepang terbiasa melawan rasa malas. Kedisiplinan menjadi budaya dipakai terus menerus dari kecil hingga dewasa. Konsep ini dalam istilah orang Jepang disebut teknik Kaizen.

Dilansir dari Pikiran-rakyat.com, Kaizen diambil dari dua suku kata. Kai yang berarti berubah sementara Zen yang artinya kebijaksanaan.

Sehingga Kaizen dapat dipahami sebagai perubahan dalam hidup dapat disecara perlahan-lahan dengan penuh kebijaksanaan. Prinsip inilah yang digunakan untuk mengentaskan rasa malas.

Baca juga: 5 Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak Selama Bulan Puasa

Prinsip Kaizen dikenal dengan prinsip 1 menit. Maksudnya adalah prinsip untuk melatih seseorang melakukan sesuatu dalam satu menit setiap hari di waktu yang sama.

Sebagai contoh bila ingin sit up, cobalah terlebih dahulu 1 menit dalam satu hari sebagai rutinitas. Lalu ulangi dan terus lakukan di waktu yang sama.

Prinsip ini cukup sederhana, sehingga dapat diterapkan untuk berbagai kegiatan. Misalnya menulis, membaca, bermain gitar atau apapun yang ingin dilakukan.

Sebagai catatan, harus melakukan hal tersebut tanpa sesuatu yang dapat membuat terdistraksi apapun sehingga harus fokus dan bersungguh-sungguh. Lama-kelamaan itu akan menjadi habits.

Cobalah prinsip Kaizen atau 1 menit tersebut mulai dari sekarang. Sehingga dapat menghilangkan rasa malas dan pekerjaan yang biasa ditunda cepat dikerjakan. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga