adplus-dvertising

Atlet Dayung Sulawesi Tenggara Sabet 8 Mendali di Ajang SEA Games Vietnam 2022

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Jumat, 20 Mei 2022
798 dilihat
Atlet Dayung Sulawesi Tenggara Sabet 8 Mendali di Ajang SEA Games Vietnam 2022
Atlet dayung Indonesia berhasil meraih 8 mendali pada ajang SEA Games Vietnam 2022. Foto : Ist

" Atlet dayung Sulawesi Tenggara yang berlaga di ajang SEA Games Vietnam 2022, berhasil memberikan prestasi gemilang buat Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Atlet dayung Sulawesi Tenggara yang berlaga di ajang SEA Games Vietnam 2022, berhasil memberikan prestasi gemilang buat Indonesia. Sampai sejauh ini, atlet dayung Sulawesi Tenggara berhasil menyumbangkan 8 mendali, yang terdiri dari 2 mendali emas dan 6 perak.

Untuk pertandingan hari ini, Jumat (20/5/2022), atlet dayung asal Sulawesi Tenggara berhasil menyumbangkan 2 mendali, yaitu 1 emas dan 1 perak. Perolehan mendali tersebut, diraih oleh Sofianto dengan torehan emas dan Dayumi berhasil meraih perak.

Ketua Pengprov PODSI Sulawesi Tenggara, Abdurahman Shaleh mengatakan, ini menjadi sebuah pencapaian besar bagi atlet. Di mana bisa meraih prestasi di ajang internasional.


"Sebuah kesyukuran dan kebanggaan buat Sulawesi Tenggara, di mana putra putri daerah bisa memberikan sumbangsih dan kontribusi bagi negara. Dengan berhasil mengukir prestasi di ajang internasional dan mampu membuat harum nama Indonesia di mata dunia," ungkapnya kepada Telisik.id, Jumat (20/5/2022).

Ketua DPRD Sulawesi Tenggara tersebut menyampaikan, ini merupakan sebuah bukti, jika anak-anak daerah, bisa bersaing dan berkompetisi di ajang-ajang bergengsi dan mengukir prestasi buat banga ini.

"Kita berbangga ada atlet kita yang meraih prestasi di ajang internasional, pastinya kami sebagai rakyat Indonesia khususnya Sulawesi Tenggara, akan terus mendoakan dan mendukung penuh atlet-atlet yang berkompetisi di ajang SEA Games Vietnam 2022," ujarnya.

Sementara itu, Sekertaris PODSI Sulawesi Tenggara, Kadir Ole mengungkapkan, para atlet yang berlaga di ajang SEA Games ini, merupakan putra-putri terbaik daerah yang dilatih dan dipilih untuk berlaga di ajang terbesar se-Asia Tenggara ini.

Baca Juga: Tim Putri Bulutangkis Buton Peringkat Dua Kejurda Antar Pelajar Sulawesi Tenggara

"Untuk atlet dayung Sulawesi Tenggara menurunkan lima atlet terbaik, dari total sembilan orang yang ikut Pelatnas. Yaitu ada Burhan, Sofianto, Dayumin, Julianti, dan Ali Buto. Dengan masing-masing turun di nomor perorangan dan pasangan," katanya.

Lanjut dia, untuk di Sulawesi Tenggara sendiri, memang untuk cabang olahraga dayung, itu masih menjadi yang terbaik, di mana setiap berbagai ajang atau event nasional dan internasional, selalu mampu meraih prestasi.

"Mungkin karena pembinaan yang baik dilakukan, dengan kepengurusan dan pelatihan yang teratur. Sehingga mampu melahirkan atlet-atlet yang berkualitas," katanya.

Sementara itu, atlet dayung Sulawesi Tenggara, Dayumin, mengaku senang dan bersyukur bisa meraih prestasi, dan mampu memberikan mendali bagi kontingen Indonesia di ajang SEA Games Vietnam 2022.

"Saya harapkan semoga atlet-atlet Sulawesi Tenggara bisa lebih baik lagi, dan bisa berkompetisi di ajang-ajang internasional," ujarnya.

Baca Juga: Kalah 0-1 Lawan Thailand, Timnas Indonesia U-23 Gagal ke Final SEA Games 2021

Berikut nama-nama atlet dayung Sulawesi Tenggara yang berlaga di ajang SEA Games Vietnam, beserta perolehan mendalinya :

  1. Burhan, 1000 meter C4 perak.
  2. Sofianto, 1000 meter C4 perak dan 500 meter C4 emas.
  3. Dayumin, 1000 meter C4 perak dan 500 meter C2 perak.
  4. Julianti, 1000 meter nomor rowing putri W4- 2000 meter perak dan nomor rowing putri W2- 2000 meter perak.
  5. Ali Buto, nomor rowing putra MLW 2000 meter emas.

Sebagai informasi, perolehan mendali dari etlet dayung masih akan terus bertambah. Di mana, besok akan ada pertandingan final yang memperebutkan mendali emas, yang akan diikuti oleh Dayumin di dua nomor berbeda. (A)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Kardin

Baca Juga