Atlet Kempo UHO Kendari Raih 5 Medali di Kejuaraan Rektor Unhas Cup XV

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 29 Mei 2023
0 dilihat
Atlet Kempo UHO Kendari Raih 5 Medali di Kejuaraan Rektor Unhas Cup XV
5 atlet kempo UHO Kendari meraih 5 medali di ajang Rektor Unhas Cup (RUC) XV. Foto: Ist.

" Kontingen UHO Kendari mengirim 9 orang atlet untuk ikut dalam kejuaraan Rektor Unhas Cup tahun ini. Dari 9 orang atlet, ada 5 atlet yang berhasil menjadi juara "

KEDARI, TEKISIK.ID - Seni bela diri kempo yang bersal dari jepang, kini menjadi beladiri yang cukup diminati di Indonesia. Di Jepang sendiri kempo disebut shorinji kempi yang diciptakan pada tahun 1947 sebagai sistem pelatihan dan pengembangan diri.

Guna memperkenalkan seni bela diri kempo kepada masyarakat dan menumbuhkan keberanian kepada atlet muda untuk unjuk diri, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Shorinji Kempo Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Rektor Unhas Cup (RUC) XV.

Tahun ini RUC mengangkat tema “Membangun Semangat Kebersamaan Demi Tercapainya Atlet Unggul, Berprestasi, dan Progresif" yang digelar selama 3 hari di Gelanggang Olahraga (GOR) Unhas, dimulai sejak Jumat (26/5/2023) hingga Minggu (28/5/2023).

Kejuaraan ini bekerja sama dengan Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi). Adapun peserta yang mendaftar berasal dari berbagai dojo di kawasan Indonesia Timur, mencakup Sulawesi, Kalimantan, juga Papua.

Tidak ingin kehilangan kesempatan, kontingen Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari turut serta mengirim atletnya. Kontingen UHO mengirim 9 orang atlet untuk ikut dalam kejuaraan RUC tahun ini. Dari 9 orang atlet, ada 5 atlet yang berhasil menjadi juara yaitu:

Baca Juga: Kodim 1417 Kendari Kirim 15 Atlet Pencak Silat di Piala Kasad

1. Wawan Pratama meraih juara 2 kelas 70, mahasiswa semester 4 jurusan Pendidikan Penjaskes-Rek UHO

2. Aldi Gunawan meraih juara 3 kelas 65 dewasa, mahasiswa semester 8 Ilmu Ekonomi dan Pembangunan UHO.

3. Ulvi Damayanti Djalilu meraih juara 3 kelas 50 dewasa, mahasiswi semester 4 jurusan Ilmu Kelautan UHO.

4. Nina Yayu Tri Agustina meraih juara 2 kelas 55 dewasa, mahasiswi semester 4 Pendidikan Penjaskes-Rek UHO.

5. Fani Rahmasari meraih juara 2 kelas 50 dewasa, mahasiswi semester 6

jurusan pendidikan Penjaskes-Rek UHO.

Seorang atlet, Wawan Pratama mengatakan, dirinya mulai menyukai seni bela diri kempo sejak awal masuk kuliah dan mengawali karirnya di seni bela diri ini pada kejuaranna Porda di Kabupaten Buton pada tahun 2022.

"Di kempo ini saya senang karena persaudaraannya yang kuat, dan kemarin itu menjadi kejuaraan sangat berkesan bagi saya karena bisa bertemu dengan para jawara setiap daerah apalagi bisa satu matras dengan mereka," ujar Wawan.

Dalam kejuaraan ini, wawan mengalahkan atlet dari Sulawesi Selatan dan kalah dengan atlet Sulawesi Utara sehingga membawa dirinya menjadi juara 2 kelas 70 dewasa.

Baca Juga: Nusa Tenggara Timur Utus 2 Atlet Disabilitas ke ASEAN Para Games 2023 Wakili Indonesia

Sementara itu, atlet lain, Ulvi Damayanti Djalilu mengaku baru mengenal seni bela diri kempo 6 bukan yang lalu tepatnya di bulan Desember tahun 2022 dan mulai suka seni bela diri ini karena menemukan teman baru, pelatih yang baik dan selalu berbagi ilmu.

"Setelah kenal kempo, saya sudah mulai suka olahraga, dan Alhamdulillah saya bisa mengatur waktu saya antara kuliah dan latihan, saya mengisi waktu kosong kuliah dengan latihan," ujarnya.

Sedangkal Aldi Gunawan yang juga atlet kempo memulai kejuaraan pertamanya pada Porda 2015 di Buton Utara dan mulai merasa seni bela diri ini cukup penting untuk diketahui, selain sebagai perlindungan diri, juga bisa menyehatkan badan karena ini termasuk olahraga.

"Dulu pertama kenal kempo karena ada sepupu yang ikut kempo juga, jadi saya juga mau belajar kempo. Kejuaraan ini jadi kejuaraan kelima yang saya ikuti," tutupnya. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga