adplus-dvertising

Atlet Pencak Silat Asal Mubar Raih Juara Umum Kejurda Sultra

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 24 Maret 2022
923 dilihat
Atlet Pencak Silat Asal Mubar Raih Juara Umum Kejurda Sultra
Dua atlet peraih medali emas dan medali perak asal Muna Barat pada Kejuaraan Daerah Cabang Olahraga Pencak Silat antar Pelajar se-Sulawesi Tenggara. Foto: Doc. Pencak Silat

" Atlet asal Kabupaten Muna Barat (Mubar) berhasil raih juara umum, pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Cabang Olahraga (Cabor) Pencak Silat antar sesama pelajar se-Sulawesi Tenggara (Sultra) "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Atlet asal Kabupaten Muna Barat (Mubar) berhasil raih juara umum, pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Cabang Olahraga (Cabor) Pencak Silat antar sesama pelajar se-Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pencapaian yang diraih oleh para pelajar dari Mubar, tak lain karena hasil latihan yang gigih selama beberapa bulan persiapan untuk mengikuti kejuaraan tersebut. Dalam latihan selama persiapan kejuaraan, para atlet ini dilatih teknik dan taktik oleh kedua pelatihnya, yakni Selfi dan Nur Ain.

Selfi selaku pelatih pencak silat, mengungkapkan, sebelum keberangkatan di Kendari, seluruh atlet pencak silat terdiri dari lima perguruan melakukan seleksi. Dalam seleksi tersebut, menghasilkan atlet-atlet juara dipertimbangkan mampu membanggakan daerah di Kejurda Sultra antar pelajar yang dilaksanakan 16-19 Maret 2022.


"Dari lima perguruan, diseleksi seluruh atlet pencak silat, dalam seleksi itu ada beberapa atlet juara yang dipertimbangkan mampu meraih juara umum," ucapnya pada Telisik.Id, Kamis, (24/3/2022).

Kemudian, dalam proses pertandingan para atlet selalu mempunyai prinsip yang ditanamkan oleh para pelatihnya agar saat bertanding untuk santai seperti mereka berlatih. Sehingga para atlet mampu memberikan performa yang semaksimal mungkin serta berhasil menjadi juara umum di Kejurda tersebut.

Baca Juga: Wakili Sultra di Piala Soeratin U-17, PS Kolut Melaju ke Babak 16 Besar

"Kami selalu menanamkan prinsip yakni latihan seperti bertanding, bertanding seperti berlatih," ucap pelatih salah satu pelatih pencak silat, Nur Ain.

IPSI Muna Barat menjadi juara umum pada Kejuaraan Daerah yang baru beberapa waktu lalu dilaksanakan di Kendari, di mana mereka berhasil meraih 1 medali emas, 1 medali perak, serta 1 medali perunggu, di mana saat pertandingan atlet dibagi beberapa kelas berdasarkan ukuran berat badan.

Baca Juga: Ini Daftar Juara All England 2022, Fikri/Bagas Pemenang Ganda Putra

"Medali emas diraih oleh Siti Fatima dari kelas C putri, kemudian peraih medali perak yaitu Selfi dari kelas D putri, serta peraih medali perunggu yaitu Eko Hartanto dari kelas D putra," ucap Selfi, sang pelatih.

Para atlet ini juga merupakan pelajar sekolah menengah, di mana peraih medali emas dan perak merupakan siswa SMAN 1 Lawa dan perunggu dari SMAN 1 Sawerigadi.

Pesilat yang meraih medali emas, setelah melakukan pemulihan, akan mempersiapkan diri untuk menerima program latihan yang diberikan pelatih dalam persiapan kejuaraan pra POPNAS bulan Agustus mendatang di Samarinda. (B)

Reporter: Putri Wulandari

Editor: Kardin

Baca Juga