Atlet Taekwondo Sulawesi Tenggara Siap Berebut Tiket di Pra-PON XXI 2024

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 23 Oktober 2023
0 dilihat
Atlet Taekwondo Sulawesi Tenggara Siap Berebut Tiket di Pra-PON XXI 2024
Para atlet Taekwondo Sulawesi Tenggara bakal bertanding di Pra-PON XXI 2024. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" KONI Sulawesi Tenggara, mengirim 10 atlet pada cabang olahraga taekwondo untuk berlaga pada kualifikasi atau Pra-PON XXI 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - KONI Sulawesi Tenggara, mengirim 10 atlet pada cabang olahraga taekwondo untuk berlaga pada kualifikasi atau Pra-PON XXI 2024.

Sekretaris Umum (Sekum) KONI Sulawesi Tenggara, Elvis Basri Uno berharap atlet bisa mengembalikan kejayaan Sulawesi Tenggara yang pernah diraih pada PON XIX Jawa Barat 2016 lalu.

"Kemarin PON 2016, 1 putri Sulawesi Tenggara lolos dan menyumbangkan medali perunggu," katanya.

Ia juga menekankan beberapa hal kepada para atlet yang akan bertanding untuk tetap menjaga kekompakan, kebersamaan dan kondisi fisik. Ia berharap seluruh stakeholder dan pelaku olahraga membari dukungan kepada para atlet.

Baca Juga: Enam Atlet Catur Sulawesi Tenggara ke Pra-PON 2023

"Ini pelepasan atlet cabor ke-36 dari 48 cabor," ujarnya.

Manager cabang olahraraga Taekwondo Indonesia (TI) Sulawesi Tenggara, Erik Nov Putra mengatakan, saat ini kesiapan para atlet telah mencapai 95 persen.

"Untuk mencapai 100 persen perlu penyesuaian lapangan, makanya kita berangkat lebih cepat tiga hari sebelum kegiatan," bebernya.

Ia mengatakan, 10 atlet yang dikirim terdiri dari 5 putra dan 5 putri. Sembilan di antaranya akan mengikuti kategori kyorugi (tarung) kelas berat dan satu orang kategori freestyle poomsae (seni).

Sementara itu, Coach Taekwondo Indonesia Sulawesi Tenggara, Balung M Tugala mengatakan, sejak Mei 2023 pihaknya telah mengadakan seleksi atlet hingga akhirnya terpilih 10 atlet yang akan ikut kualifikasi PON.

"Awalnya 26 orang yang ikut seleksi pada tahap pertama di Mei 2023. Di tahap II Agustus 2023 terpilih 16 orang. Bulan September 2023 terpilih 10 atlet. Kami latihan seminggu bisa 10 sesi, setiap harinya pagi dan sore," ungkapnya.

Pelepasan ini digelar di Kantor KONI Sulawesi Tenggara, Pra-PON sendiri akan dilaksanakan pada 27-30 Oktober 2023 di Cibubur, Jakarta Timur.

Berikut nama atlet Taekwondo Indonesia (TI) asal Sulawesi Tenggara yang ikut kualifikasi PON di Jakarta Timur di antaranya:

Baca Juga: Ini Jadwal Lengkap Piala Dunia U-17 2023

1. Katogori Kyorugi Putra

- M. Haffair Januar Al Akbar

- Muh. Raqib RPA

- Decky Jangkung LD Motaha

- Muhammad Muliadi

2. Kategori Kyorugi Putri

- Nur Fadillah

- Risky Irma Suryani

- Nur Azizah

- Iluh Sinta Sundariasih

- Al Ukminwati

3. Poomsae Freestyle

- Rahmat Lagaligo. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga