Atmosfir Pilkada Buton Selatan Mulai Terasa

Deni Djohan, telisik indonesia
Selasa, 17 November 2020
0 dilihat
Atmosfir Pilkada Buton Selatan Mulai Terasa
Tugu selamat datang di Buton Selatan. Foto: Repro Kominfo Buton Selatan

" Dari diskusi itu, cukup banyak umpan balik yang saya terima. "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Jadwal Pilkada di Buton Selatan (Busel) masih terbilang lama. Namun sejumlah bakal calon telah menunjukan diri siap bertarung menjadi orang nomor satu di bumi Gajah Mada.

Salah satunya adalah tokoh masyarakat Busel di Jakarta, La Ode Budi Utama. Mantan balon bupati Busel periode 2017-2022 melalui jalur perorangan ini telah menebar spanduk kecil di beberapa wilayah, tak terkecuali ibukota kabupaten.

Hal itu dilakukan La Ode Budi sebagai pertanda kesiapan dia untuk kembali bertarung di Pilkada mendatang.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, jika kita berjalan dari Desa Lawela menuju ke pusat pemerintahan Buton Selatan di Batauga, kita akan menemukan cukup banyak spanduk kecil atau binder tertempel di pohon dan rumah-rumah penduduk.

Dalam binder kecil tersebut, tergambar foto La Ode Budi bersama tulisan tagline “KEBANGKITAN EKONOMI PEMUDA DAN KELUARGA” sebagai program utama Pemda Buton Selatan pada tahun 2022-2027.

"Jadi kita sudah bekerja," beber putra Camat pertama distrik Batauga, La Ode Muhammad Sahihu ini, saat dikonfirmasi melalui sambungan WhatsApp.

Baca juga: Baharuddin Sebut Orang yang Bully Rusman Tak Punya Visi-Misi

Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) ini juga mengatakan, mendasar pada rekam jejaknya di bisnis, dirinya telah mengemas rincian program ekonomi dengan mengedepankan tiga sektor utama, yakni perikanan dan pelayaran, pengolahan berbasis pertanian, dan sektor pariwisata.

Ketiga sektor ini telah dirincikan bahkan sudah menjadi bahan diskusi dengan beberapa tokoh masyarakat dan pemuda.

"Dari diskusi itu, cukup banyak umpan balik yang saya terima," tambahnya.

Ia mengaku, motivasi dirinya untuk menjadi kepala daerah di Busel merupakan wasiat dari sang ayah yang harus ditunaikan agar memenuhi harapan masyarakat untuk dapat maju lebih cepat, serta kekuatan motif pribadi adalah ingin mencari pahala dengan merubah nasib orang banyak di tanah kelahiran.

Penerima Beasiswa Berprestasi Akademik di IPB ini juga menjelaskan, sosialisasi dirinya adalah upaya memenuhi persyaratan Partai untuk dapat diusung pada Pilkada 2022-2027. Partai akan melirik kandidat yang dikenal luas oleh rakyat dan disukai dapat disukai melalui program kerja.

"Begitu penjelasan yang saya terima dari beberapa DPP partai di Jakarta ini,” ungkap pemilik TK, SD dan SMP Islam Permata Hati, Sekolah Standar Nasional (SSN), yang berlokasi di Kabupaten Tangerang, Banten.

Baca juga: Demokrat Tegaskan Setiap Kader Tegak Lurus di Pilkada 2020

Saat ini, lanjut dia, masalah sebagai negara dan daerah, adalah terkait ekonomi. Banyak tamatan kuliah atau pemuda yang perlu dibukakan kesempatan di bidang ekonomi.

Apalagi, daya tampung PNS sangat kecil dibanding yang membutuhkan kerja. Untuk memenuhi persoalan itu adalah melalui pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Wirausaha.

"Kebangkitan ekonomi pemuda dan keluarga, akan jadi program utama Pemda, jika  saya dipercaya rakyat menjadi Bupati Busel 2022-2027,” pungkasnya.

Selain La Ode Budi, sejumlah nama putra terbaik daerah yang berada di luar juga sudah terlihat mengambil ancang-ancang dengan berbagai cara mencari popularitas. Misalnya, La Ode Basir, Samirudin dan Haji Hasan. Beberapa nama ini telah melakukan kegiatan sosial dengan membagi sembako kepada masyarakat yang terdampak virus corona.

Sedangkan bakal calon yang digadang-gadang juga bakal meramaikan pesta demokrasi lima tahunan itu dari parpol yakni, Aliadi.

Aliadi telah beberapa kali melakukan pertemuan dengan masyarakat. Selain itu terdapat pula nama mantan legislator provinsi dari Partai Amanat Nasional (PAN), La Ode Mutanafas. (B)

Reporter: Deni Djohan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga