Audit Semester 1, Kabupaten Buton Terus Genjot Penurunan Kasus Stunting

Febriyani, telisik indonesia
Jumat, 21 Juli 2023
0 dilihat
Audit Semester 1, Kabupaten Buton Terus Genjot Penurunan Kasus Stunting
Pj Bupati Buton, Basiran, membuka kegiatan audit kasus stunting semester 1. Foto: Febriyani/Telisik

" Pemerintah Kabupaten Buton menggelar audit kasus stunting semester 1 di aula kantor Bupati Buton, Kamis (20/7/2023) "

BUTON, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Buton menggelar audit kasus stunting semester 1 di aula kantor Bupati Buton, Kamis (20/7/2023). Target angka stunting di tahun 2024 menjadi 14 persen, sedangkan saat ini angka stunting di Kabupaten Buton berada di angka 17,44 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Syafaruddin dan dokter spesialis anak, dr. Muhamad Hayyun, menjadi pemateri dalam kegiatan ini.

Formulir audit kali ini antara lain audit kasus stunting pada ibu hamil, audit kasus stunting pada ibu menyusui, dan audit anastunting. Formulir audit ini nantinya di paparkan oleh tim pakar.

Kepala BKKBN Kabupaten Buton, Asrudin mengatakan, pada tahun 2023 ini, BKKBN pusat mengadakan dua kali audit. Di semester pertama diselenggarakan pada hari ini, dan semester kedua nantinya akan diselenggarakan di bulan Desember.

Keseluruhan kegiatan audit ini nantinya akan ada kegiatan desiminasi dan pertemuan rencana tindak lanjut. Semua kegiatan ini didanai oleh BOKB sub bidang KB Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluargan Berencana.

Baca Juga: Turunkan Angka Stunting, Warga Wolowa Buton Manfaatkan Lahan Pekarangan Tanam Sayur dan Toga

Semua OPD yang hadir diharapkan mampu menelaah dengan baik karena pada acara desiminasi merupakan penyebarluasan informasi terkait dengan audit kasus stunting yang akan dipaparkan oleh tim ahli.

Para tim audit kasus stunting ini sudah direvisi oleh Pj bupati Buton, Basiran. Terkait tim audit kasus stunting di Kabupaten Buton saat ini di ketuai oleh Iis Iriyanti. Sedangkan tim percepatan penurunan angka stuting diketuai oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Buton, Asnawi Djamaluddin.

Baca Juga: Cegah Stunting dengan Penuhi Kebutuhan Gizi Anak

"Semoga dengan adanya audit ini percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Buton dapat berjalan dengan baik. Dan saya harap kerja sama dari semua pihak terkait," ucap Pj Bupati Buton, Basiran.

Basiran mengharapkan melalui audit kali ini pemerintah daerah Kabupaten Buton dapat menggenjot penurunan angkat stunting, sehingga di tahun 2024 nantinya akan nampak penurunan yang signifikan.

"Kegiatan ini akan mempengaruhi program kita di 2024. Dipersiapkan anggaran baik dari kabupaten maupun kecamatan, desa dan kelurahan, agar target angka stunting tersisa 14 persen di tahun 2024, bisa tercapai," jelasnya. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga