adplus-dvertising

Awak KM Lambelu Diisolasi 2 Mil dari Daratan

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Senin, 13 April 2020
3375 dilihat
Awak KM Lambelu Diisolasi 2 Mil dari Daratan
Petugas menyemprotkan disinfektan di KM Lambelu setelah 26 awaknya dinyatakan positif. Foto: Repro Google.com

" Tim dari Kantor Kesehatan Pelabuhan dan petugas lain juga terlibat melakukan pemeriksaan di kapal. "

KENDARI, TELISIK.ID - Seluruh petugas kapal KM Lambelu, sedang menjalani isolasi secara mandiri. Di atas kapal dengan jarak 2 mil dari darat dan diawasi ketat oleh manajemen dan otoritas pelabuhan serta Kantor Kesehatan Pelabuhan di Makassar.

Kepala Bidang Lalu Lintas Laut Otoritas Pelabuhan Makassar Sirajuddin mengatakan, kapal ini berada di zona karantina lepas pantai, yakni sekitar dua mil laut (3,7 kilometer) dari Pelabuhan Makassar.

”Tim dari Kantor Kesehatan Pelabuhan dan petugas lain juga terlibat melakukan pemeriksaan di kapal,” katanya, dikutip dari Kompas.com, Minggu (12/4/2020).


Baca juga: Ambulans Pengantar Pasien Corona Asal Bombana Tabrak Pembatas Jalan

Selama isolasi di kapal, para awak tersebut akan disuplai makanan dari darat karena tak boleh lagi ada aktivitas memasak untuk menjaga peralatan makan tak digunakan bergantian. Petugas kesehatan juga secara rutin memeriksa kondisi mereka, termasuk menyiapkan obat yang diperlukan.

”Sejauh ini, 26 awak yang positif dalam keadaan baik,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Dr Ichsan Mustari.

KM Lambelu tiba di Pelabuhan Makassar pada Rabu (8/4/2020) malam tanpa penumpang. Sebelumnya, kapal ini sempat ditolak saat akan merapat di Pelabuhan Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Informasi tentang adanya awak kapal yang positif COVID-19 membuat kapal ini ditolak bersandar oleh pemerintah daerah setempat. Saat itu, sejumlah penumpang nekat melompat dari kapal. Penumpang akhirnya diturunkan ke dermaga. Setelah itu, kapal langsung menuju Makassar.

Baca juga: Empat Warga Muna yang Diamankan Densus 88 Dibawa ke Kendari, 1 dalam Pengejaran

Kapal tersebut sempat singgah dan menurunkan 768 penumpang di Pelabuhan Murhum Baubau pada Senin (6/4/2020) lalu.

Data penumpang tersebar dibeberapa wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) antara lain, Baubau 173 orang, Raha 27 orang, Bombana 45, Konawe Kepulauan 2 orang, Buton Utara 5 orang, Kolaka 1 orang, Muna Barat 2, Kendari 7, Buton 24, Wakatobi 64 , Buton Tengah 112 orang, dan Buton Selatan 97 orang.

Sementara itu di Baubau, eks penumpang KM Lambelu yang diturunkan Senin lalu diarahkan untuk isolasi mandiri dan akan dipantau melalui tiap-tiap Puskesmas.

 

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga