Awas, 4 Jenis Makanan Ini Memicu Asam Lambung Naik

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 10 September 2022
0 dilihat
Awas, 4 Jenis Makanan Ini Memicu Asam Lambung Naik
Asam lambung naik, bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Foto: Repro google.com

" Salah satu penyakit yang seringkali dialami seseorang adalah asam lambung naik. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang seringkali dialami seseorang adalah asam lambung naik. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan.

Pada umumnya, dikutip halodoc.com, penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi ketika asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan.

Kondisi ini dapat menimbulkan nyeri pada ulu hati, heartburn, serta berbagai gejala lainnya pada area dada bagian bawah dan perut.

Seringkali salah satu penyebab asam lambung bisa naik karena mengkonsumsi makanan tertentu.

Melansir kompas.com, berikut beberapa jenis makanan tertentu yang bisa memicu naiknya asam lambung:

1. Makanan tinggi lemak

Makanan yang digoreng dan berlemak dapat menyebabkan LES menjadi rileks, sehingga lebih banyak asam lambung yang naik ke kerongkongan. Makanan ini juga menunda pengosongan perut.

Makan makanan berlemak tinggi bisa risiko naiknya asam lambung. Jadi, Anda disarankan untuk mengurangi asupan lemak harian.

Baca Juga: 3 Efek Stres pada Fisik, Nomor 2 Harus Diwaspadai

Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak tinggi, diantaranya:

- gorengan.

- potongan daging penuh lemak.

- makanan penutup, seperti es krim dan keripik.

2. Tomat dan buah sitrus

Buah-buahan dan sayuran penting memang penting untuk kesehatan Anda. Tetapi, beberapa jenis buah tertentu bisa memicu naiknya asam lambung dan memperburuk gejala GERD.

Beberapa jenis buah tersebut, diantaranya jeruk, dan tomat.

Baca Juga: Kenali 6 Penyebab Sistem Imun Melemah

3. Cokelat

Cokelat mengandung bahan yang disebut methylxanthine. Methylxanthine telah terbukti mengendurkan otot polos di LES dan meningkatkan naiknya asam lambung.

4. Makanan pedas

Makanan pedas, seperti bawang merah dan bawang putih, memicu gejala heartburn yang merupakan salah satu gejala naiknya asam lambung.Sedikit mencicipi makanan pedas mungkin tidak akan memicu naiknya asam lambung.Namun, mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak bisa memicu naiknya asam lambung. Nah, itulah beberapa makanan yang bisa memicu asam lambung naik. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga