adplus-dvertising

Awas, 5 Barang Ini Ternyata Miliki Kedaluwarsa

Haidir Muhari, telisik indonesia
Senin, 10 Mei 2021
1312 dilihat
Awas, 5 Barang Ini Ternyata Miliki Kedaluwarsa
Bantal, salah satu barang yang bisa kedaluwarsa. Foto: Repro Kumparan.com

" Sebaiknya handuk mandi diganti jika kelembutannya sudah hilang dan mulai berbau "

KENDARI, TELISIK.ID - Kedaluwarsa adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan sesuatu yang sudah melewati batas waktu (jatuh tempo).

Dilansir dari kamus.tokopedia.com, kedaluwarsa berasal dari bahasa Jawa, daluwarso dengan dalu berarti malam, dan warso memiliki arti tahun yang biasa digunakan untuk menandai batas waktu.

Penggunaan kata kedaluwarsa biasa juga dipakai dalam istilah hukum. Walaupun umumnya dikaitkan dengan produk makanan, minuman, perawatan, dan juga kesehatan.


Penetapan tanggal kedaluwarsa pada makanan, dapat ditetapkan oleh produsen sendiri atau perusahaan makanan atau barang-barang tertentu dengan melakukan uji penyimpanan atau uji stabilitas dipercepat.

Banyak yang tidak menyangka barang yang sering kita gunakan

sehari-hari, ternyata mempunyai kedaluwarsa. Padahal, pemakaian melewati batas kedaluwarsa bisa berakibat fatal pada pemakainya.

Baca Juga: Kenali Daging Sapi Berkualitas, Serta Tips Penangananya

Dilansir dari Minews.id, beberapa barang berikut ini memiliki tanggal kedaluwarsa. Olehnya penting bagi kita untuk memperhatikannya.

1. Sikat gigi

Alat ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mulut. Sikat gigi yang telah melewati tempo pemakaian tidak akan efektif membersihkan gigi.

Menurut American Dental Association (ADA), sikat gigi sebaiknya diganti setiap empat bulan sekali atau jika bulu sikatnya sudah rusak.

2. Sepatu

Sepatu bisa menyerap guncangan dan memberikan bantalan, khususnya saat berlari. Fungsi ini akan hilang, bahkan meningkatkan tekanan pada tulang, otot dan persendian. Ini tentu akan memperbesar peluang untuk cedera jika penggunaan berlebihan.

3. Handuk

Menurut Leanne Stapf The Cleaning Authority sebaiknya handuk mandi diganti jika kelembutannya sudah hilang dan mulai berbau. Anda disarankan untuk mengganti handuk setiap dua tahun sekali.

4. Sisir

Sisir yang terlalu lama digunakan, akan menyebabkan kerusakan pada rambut. Hal ini karena dapat mengumpulkan rontokan-rontokan rambut dan akumulasi produk styling rambut.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Konflik Agar Terhindar dari Perselisihan dan Kekerasan

Olehnya itu penting memperhatikan tanda-tanda kerusakan pada sisir. Sebaiknya diganti selama enam bulan hingga satu tahun sekali.

5. Bantal

Bantal yang baik bisa meningkatkan kualitas tidur. Jika tidak diperhatikan secara baik, bantal menjadi tempat alergen menempel sehingga beraroma tak sedap.

Ahli menyarankan untuk segera mengganti bantal setiap beberapa tahun atau saat bentuk bantal sudah berubah. Caranya bisa dengan memeriksa busa yang ada di dalam bantal.

Barang yang selalu dipakai dalam keseharian itu, tak disangka memiliki batas kedaluwarsa.

Demi kesehatan dan kualitas hidup kita menjadi lebih baik, kita perlu memperhatikan dan mengganti barang-barang itu jika sudah kedaluwarsa. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga