Awas, 5 Dampak Buruk Saat Kebanyakan Tidur

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 13 September 2022
0 dilihat
Awas, 5 Dampak Buruk Saat Kebanyakan Tidur
Kebanyakan tidur berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Foto: Repro Unsplash/Phiromya Intawongpan

" Waktu tidur ideal untuk orang dewasa berkisar antara 7-9 jam, sedangkan lanjut usia (lansia) membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam "

KENDARI, TELISIK.ID - Tidur yang cukup sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Sebaliknya, jika kebanyakan atau kekurangan tidur maka akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Dikutip alodokter.com, seseorang dikatakan tidur terlalu lama jika ia memiliki waktu tidur lebih dari kebutuhan tidur idealnya.

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda, tergantung usia, aktivitas sehari-hari, gaya hidup, dan kondisi kesehatan. Waktu tidur ideal untuk orang dewasa berkisar antara 7-9 jam, sedangkan lanjut usia (lansia) membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam.

Sementara tidur terlalu lama ditandai dengan sering kesulitan untuk bangun di pagi hari, sering mengantuk saat beraktivitas, atau tetap merasa mengantuk setelah tidur siang.

Anda perlu mencukupi waktu tidur dan biasakan untuk tidak kurang tidur atau tidur berlebihan karena gangguan tidur tersebut bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Melansir Suara.com dari Bright Side, berikut 5 efek kebanyakan tidur pada tubuh Anda:

Baca Juga: 4 Bahaya Main Ponsel Sebelum Tidur

1. Kelelahan sepanjang waktu

Banyak tidur tidak akan membuat Anda merasa segar dan berenergi. Sebaliknya, Anda akan mengalami kelelahan dan keengganan untuk melakukan apapun.

Adapun durasi tidur yang disarankan untuk orang dewasa antara 7-9 jam. Jika Anda tidur lebih dari 9 jam, otak akan terasa berkabut sehingga sulit fokus.

2. Sakit kepala

Sakit kepala adalah tanda umum dari tidur berlebihan, yang disebabkan oleh neurotransmiter yang salah arah. Terlalu banyak tidur biasanya menyebabkan sakit kepala tegang.

Apalagi ketika Anda mendengkur, Anda cenderung terbangun dengan sakit kepala. Sebuah survei menunjukkan bahwa 60 persen pendengkur rentan terhadap sakit kepala.

3. Masalah kesehatan kronis semakin buruk

Tidur berlebihan terlalu sering bisa memperburuk depresi kronis dan kondisi lain, seperti sakit punggung. Selain itu, Anda cenderung terengah-engah di malam hari atau sleep apnea.

Kemudian, Anda akan tidur lebih lama karena kualitas tidur yang buruk. Akibatnya, kondisi jantung bisa memburuk.

4. Mudah tersinggung

Baca Juga: Simak Cara Atasi Mata Minus dengan Daun Sirih

Alih-alih merasa bahagia dan penuh energi, Anda lebih mudah marah, murung dan tersinggung karena terlalu sering tidur.

Bangun tidur dalam kondisi lelah dan menyadari bahwa Anda tidak bisa seproduktif yang diinginkan bisa merusak suasana hati Anda. Sehingga Anda lebih mudah tersinggung dan marah.

5. Lebih cepat menua

Tidak hanya wajah Anda menua lebih cepat, tetapi juga otak Anda. Tidur terlalu banyak menyebabkan masalah memori dan konsentrasi. Selain itu, tidur berlebihan memperlambat metabolisme dan menyebabkan penambahan berat badan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga