Awas, 5 Hal Ini Jadi Pemicu Uban di Usia Muda

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 03 April 2021
0 dilihat
Awas, 5 Hal Ini Jadi Pemicu Uban di Usia Muda
Ilustrasi uban di usia muda. Foto: Repro med-health.net

" "

KENDARI, TELISIK.ID - Penampilan hal yang penting bagi sebagian orang. Ketika ada muncul sesuatu yang mengganggu penampilan, berbagai cara akan dilakukan agar penampilan tetap terjaga.

Biasanya, yang mengganggu penampilan seperti jerawat hingga muncul uban. Munculnya uban atau rambut putih tentu tidak diharapkan, apalagi jika itu di usia dini.

Alhasil, ketika itu terjadi maka seseorang akan merasa malu, resah, gelisah akibat merasa diri masih terlalu muda untuk memiliki benda yang satu itu, pasti muncul dalam hati.

Ada beberapa faktor khusus yang menjadi sebab munculnya uban di rambut seseorang yang masih belia. Genetik adalah hal yang umum mempengaruhi warna rambut seseorang, termasuk juga uban di usia yang masih muda.

Menurut laman The Health Site yang dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id, faktor lain munculnya uban di usia dini selain genetika adalah beberapa hal di bawah ini:

1.Merokok

Kandungan berbagai zat beracun dalam sebatang rokok termasuk dalam hal yang mempengaruhi kemunculan uban. Paparan asap yang berpolusi itu, akan membuat rambut makin ringkih. Apalagi jika kamu adalah perokok aktif. Radikal bebas juga jadi faktor utama pemicu uban.

2.Polusi udara

Polusi dan racun yang memenuhi udara juga jadi hal yang membuat rambut lebih banyak uban. Apalagi jika kamu bekerja dan beraktifitas di lingkungan penuh asap seperti pabrik atau tambang. Hal itu makin mempercepat kemunculan rambut putih.

Baca Juga: Sisa Dana Pilkada Rp 6 Miliar di Muna Bakal Digunakan Buat Pembangunan Infrastruktur

3.Penyakit autoimun

Jika kamu menderita penyakit autoimun, maka risiko untuk memiliki uban juga lebih besar. Hal itu bisa diperparah dengan kerontokan rambut, atau kebotakan.

4.Stres

Jika seseorang stres, maka kondisi itu bisa memicu tingginya hormon stres dalam tubuh. Hal ini menyebabkan warna rambut menjadi berubah putih.

5.Perubahan hormon

Terjadinya perubahan hormon yang drastis dalam tubuh, dapat mempengaruhi ketebalan dan warna rambut. Itu sebab mengapa kondisi uban di usia masih muda bisa terjadi. Perubahan hormon umumnya dialami akibat penyakit tertentu.

Nah, jika kamu termasuk yang masih muda namun memiliki uban, bisa jadi salah satu sebab diatas adalah pemicunya. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga