Awas, Ini 3 Risiko Ibu Hamil Minum Kopi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 28 Desember 2022
0 dilihat
Awas, Ini 3 Risiko Ibu Hamil Minum Kopi
Ibu hamil disarankan untuk tidak minum kopi karena ada beberapa risiko yang akan muncul. Foto: Repro pregnancyweeks.org

" Konsumsi kopi yang mengandung kafein lebih dari 200 mg per hari ternyata akan meningkatkan risiko keguguran "

KENDARI, TELISIK.ID – Salah satu minuman yang banyak digemari masyarakat adalah minuman berkafein seperti kopi. Meski cukup nikmat, tapi kopi memiliki risiko jika dikonsumsi ibu hamil.

Dikutip dari alodoter.com, kaefein yang terkandung dalam kopi adalah zat yang digunakan untuk meredakan rasa kantuk, sehingga seseorang dapat tetap terjaga.

Selain itu, kafein juga sering ditemukan di dalam obat untuk meredakan migrain. Secara alami, selain kopi, kafein bisa ditemukan pada teh, kakao (coklat), atau minuman kola.

Meskipun kopi merupakan jenis minuman yang bisa dinikmati oleh semua kalangan, ibu hamil disarankan untuk tidak minum kopi karena ada beberapa risiko yang akan muncul.

Melansir kompas.com yang merangkum dari Healthline dan American Pregnancy Association, berikut adalah beberapa risiko ibu hamil minum kopi:

1. Keguguran

Risiko terburuk yang akan dialami adalah risiko keguguran, meskipun ibu hamil minum kopi susu.

Baca Juga: Waspada, Ini 9 Penyakit Kelamin Pria Beserta Gejalanya

Konsumsi kopi yang mengandung kafein lebih dari 200 mg per hari ternyata akan meningkatkan risiko keguguran jika dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak minum kopi.

Karena risiko ini, ibu hamil disarankan untuk tidak minum kopi dengan kandungan kafein lebih dari 200 mg per hari.

Risiko ibu hamil minum kopi tersebut perlu diketahui, khususnya para calon ibu dan ibu hamil. Ibu hamil boleh minum kopi, namun kurangi jumlahnya dan tidak melebihi angka yang sudah disarankan untuk meminimalisir efek negatif yang mungkin terjadi.

2. Bayi lahir prematur atau cacat

Metabolisme kafein pada ibu hamil ternyata cukup lambat dan bahkan ditemukan bahwa perlu waktu 1,5 hingga 3,5 kali lebih lambat untuk mengeluarkan kafein yang ada di dalam tubuh.

Ketika hal ini terjadi, kafein yang terkandung di dalam kopi akan disalurkan melalui plasenta dan masuk ke dalam aliran darah sehingga akan memengaruhi janin.

Salah satu risiko terburuk yang akan terjadi dari konsumsi kopi pada ibu hamil adalah bayi mengalami kelahiran prematur atau lahir cacat.

3. Bayi lahir dengan berat badan rendah

Banyak yang masih ragu apakah ibu hamil boleh minum kopi atau tidak. Ternyata, ibu hamil tidak boleh minum kopi karena kandungan kafein yang dimilikinya bisa memicu bayi lahir dengan berat badan rendah.

Baca Juga: 7 Tanda Peringatan Paru-Paru Basah Segera Butuh Bantuan Medis

Kafein ternyata bisa mengakibatkan bayi kekurangan nutrisi untuk berkembang sehingga terdapat kemungkinan untuk lahir dengan berat badan rendah yang akan memicu berbagai masalah kesehatan.

Bahkan, disebutkan bahwa konsumsi kopi dengan kandungan kafein sebesar 50 mg sampai 149 mg per hari bisa meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah hingga 13 persen.

Nah, itulah beberapa resiko yang bisa dialami ibu hamil ketika sering mengonsumsi kafein. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga