Awas, Ini 4 Dampak Buruk Terlalu Banyak Rebahan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 01 Oktober 2022
0 dilihat
Awas, Ini 4 Dampak Buruk Terlalu Banyak Rebahan
Rebahan tidak hanya membuat tubuh bisa rehat, namun juga punya dampak buruk jika kebanyakan dilakukan. Foto: Repro google.com

" Berbaring terlalu lama dapat menimbulkan beberapa hal terutama dalam jangka panjang, sebagaimana hal ini berkontribusi ke gaya hidup yang kurang baik "

KENDARI, TELISIK.ID - Rebahan menjadi aktivitas yang banyak dilakukan saat weekend atau akhir pekan. Hal ini dilakukan karena sejak Senin hingga Jumat seseorang banyak melakukan pekerjaannya, sehingga akhir pekan dimanfaatkan untuk istirahat full.

Pada dasarnya, dikutip alodokter.com, rebahan atau berbaring merupakan kegiatan yang dapat membuat seseorang merasa rileks, terutama apabila sedang mengalami stres atau sebagai salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh.

Adapun berbaring dan beristirahat memberikan manfaat untuk mengembalikan energi tubuh, namun berbaring terlalu lama dapat menimbulkan beberapa hal terutama dalam jangka panjang, sebagaimana hal ini berkontribusi ke gaya hidup yang kurang baik.

Melansir yoursay.suara.com, berikut beberapa dampak buruk jika terlalu sering atau kebanyakan rebahan:

1. Obesitas

Kekurangan gerak badan akan membuat tubuh kamu menjadi susah membakar lemak dalam tubuh. Terlalu lama rebahan juga dapat membuat kamu menjadi mudah merasa lapar.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tulang

Banyaknya makanan yang masuk ke dalam tubuh tetapi tidak diimbangi dengan pembakaran yang seimbang, akan sangat rentan bagi seseorang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

2. Penyakit Jantung

Untuk memompa darah ke seluruh tubuh jantung membutuhkan banyak aktivitas fisik agar dapat bekerja secara optimal. Namun, apabila tubuh kurang aktif bergerak dan banyak menghabiskan waktu sambil rebahan, kondisi jantung kamu bisa melemah.

Tidak hanya itu, timbunan lemak dalam tubuh yang tidak terbakar juga dapat membuat kinerja jantung menjadi lebih berat dan dapat berakibat pada melemahnya fungsi jantung.

3. Stroke

Aktivitas fisik yang kurang, dapat menjadi penyebab tersumbatnya aliran darah karena otot-otot tidak aktif melakukan peregangan. Sel saraf pengatur dalam otak juga dapat melemah karena tidak mendapatkan oksigen yang cukup dari darah. 

4. Masalah Persendian

Banyaknya pekerjaan yang dikerjakan dari rumah membuat hampir semua kegiatan dilakukan hanya sambil duduk atau rebahan saja. Hal ini akan membuat tubuh menjadi kurang bergerak. 

Baca Juga: 5 Jenis Sayuran Ini Bisa Memperlancar ASI

Terlalu banyak rebahan akan membuat persendian menjadi kurang terlatih. Hal ini berbahaya karena dapat menjadikan sendi kaku bahkan kram. Punggung bagian bawah juga akan terasa sakit karena lama tidak melakukan aktivitas fisik sehingga kehilangan kekuatan dan fleksibilitas otot.

Untuk menghindari itu semua, kamu dapat meluangkan sedikit waktu untuk melakukan gerakan-gerakan sederhana seperti melakukan peregangan atau sekadar berjalan-jalan kecil agar tubuh kamu tidak benar-benar kaku.

Sebelum terlambat, alangkah baiknya untuk memerhatikan hal-hal tersebut dari sekarang.

Nah, itulah beberapa bahaya yang ditimbulkan jika kebanyakan kebahan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga