adplus-dvertising

Awas, Ini 5 Cara Minum Soda yang Bisa Perpendek Usia

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 10 Maret 2021
1106 dilihat
Awas, Ini 5 Cara Minum Soda yang Bisa Perpendek Usia
Minuman bersoda ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Foto: Repro Kumparan.com

" Namun sudah bukan rahasia lagi jika minuman bersoda bisa berdampak buruk bagi kesehatan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Minuman bersoda kerap dijadikan pilihan saat kita sedang makan di restoran cepat saji. Karena rasanya yang enak, juga menyegarkan ketika diminum dingin, jenis minuman ini pun sering jadi pilihan saat bersantai di rumah.

Namun sudah bukan rahasia lagi jika minuman bersoda bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara minum soda yang bisa memperpendek usia seperti dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id. Disimak terus ya!

1. Meminumnya berlebihan


Boleh-boleh saja minum minuman bersoda. Tapi jangan jadikan kebiasaan, bahkan sampai minum tiap hari.

Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam Journal of the American Medical Association tahun 2019 diketahui, minum dua kaleng atau lebih minuman ringan, terbukti meningkatkan risiko dari berbagai penyebab kematian. Dengan kata lain, konsumsi minuman ini berlebihan, bisa memperpendek umur lho!

2. Memilih jenis soda diet

Banyak orang memilih jenis soda diet sebagai alternatif supaya lebih ‘sehat’ karena kan berisi nol kalori. Padahal faktanya, soda diet jauh lebih berbahaya.

Dalam jurnal penelitian yang sama, ditemukan bahwa konsumsi minuman soda diet, yang mana menggunakan pemanis buatan atau artificially sweetener, meningkatkan risiko kematian sebesar 26 persen.

Jumlah tersebut tiga kali lipatnya dibanding risiko kematian dari kebiasaan minum soda original tiap hari, yakni sebesar 8 persen.

Walau begitu, bukan berarti kamu bebas untuk meminum jenis soda original. Tetap ingat poin nomor satu, ya!

Baca juga: 8 Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi, Diyakini Berbahaya Bagi Ibu Hamil

3. Meminumnya sebelum olahraga

Kebiasaan minum minuman bersoda lainnya yang perlu kamu hindari adalah, mengonsumsinya sebelum olahraga. Menurut Leslie Bonci, MPH, RDN, CSSD, LDN, ahli diet olahraga, minum minuman bersoda sebelum olahraga bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi lebih cepat akibat proses karbonasi.

Dampaknya tak hanya menghambat khasiat dari olahraga itu sendiri, tapi juga bisa memicu perut kembung, perasaan tak nyaman, hingga mual-mual.

4. Meminumnya saat larut malam

Minuman bersoda selain kaya akan gula, juga tinggi kandungan kafein. Meminumnya saat malam hari, menurut para ahli, bisa mengganggu pola tidur dan ritme sirkadian. Padahal tidur yang berkualitas sangat penting dan berpengaruh terhadap tingginya angka harapan hidup seseorang.

5. Minum langsung dari kalengnya

BPA (bisphenol-A) adalah jenis senyawa kimia yang banyak digunakan produk komersial, termasuk pada wadah atau kemasan pangan. Ternyata penggunaan BPA tak hanya pada plastik saja yang harus diwaspadai, tapi juga pada kemasan jenis kaleng.

Diketahui, banyak jenis kemasan aluminium yang menggunakan senyawa BPA sebagai lapisannya. Padahal, paparan tinggi BPA bersifat racun dan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Jadi, kalau mau minum sebaiknya tuang ke gelas dulu ya.

Usia memang rahasia Tuhan. Tapi bukan berarti manusia bisa berperilaku seenaknya tanpa memikirkan konsekuensi. Dengan menghindari kebiasaan minuman bersoda, bisa menjadi ikhtiar kita supaya dianugerahi umur panjang dan hidup bisa lebih nyaman karena tidak sakit-sakitan. Tentunya kamu pengin dong, bisa hidup sehat terus sampai tua nanti? (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga