Awas, Ini 5 Dampak Buruk Pakai Jam Tangan Setiap Saat

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 12 Juni 2022
0 dilihat
Awas, Ini 5 Dampak Buruk Pakai Jam Tangan Setiap Saat
Memakai jam tangan terus menerus dapat membuat alergi pada kulit. Foto: Repro Cecilsfinejewelry

" Keseringan memakai jam tangan mungkin dianggap hal biasa atau normal saja. Namun ternyata juga bisa berdampak buruk "

KENDARI, TELISIK.ID - Jam tangan saat ini tidak hanya berfungsi sebagai alat penunjuk waktu, tapi juga sebagai aksesoris.

Banyak orang terbiasa memakai jam tangan ketika beraktivitas untuk sekadar aksesoris atau memang pengingat agar tepat waktu.

Seseorang keseringan memakai jam tangan mungkin dianggap hal biasa atau normal saja. Namun pada realitanya, ternyata pakai jam tangan terus-menerus setiap hari juga bisa berdampak buruk.

Dilansir Suara.com dari Bright Side, berikut dampak buruk memakai jam tangan setiap hari:

1. Nyeri pergelangan tangan

Jika Anda tidak pernah melepas jam tangan, tekanan terus-menerus pada saraf di pergelangan tangan dapat menyebabkan sensasi nyeri. Jika jam tangan Anda terlalu besar dan berat, serta Anda memakainya terlalu ketat dapat menyebabkan kerusakan saraf.

Jika Anda merasakan mati rasa atau kesemutan di pergelangan tangan Anda, cobalah untuk menyesuaikan dan mengendurkan tali jam tangan atau istirahat sejenak dari mengenakan jam tangan.

2. Carpal tunel syndrome

Jika Anda terus mengabaikan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh penggunaan jam tangan sepanjang waktu, hal ini dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak menyenangkan, seperti carpal tunel syndrome.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 5 Bahaya Terlalu Banyak Makan Pedas

Kondisi ini disebabkan oleh tekanan saraf yang terus-menerus dan dapat membuat Anda merasakan nyeri dan kelemahan terus-menerus di tangan, bahkan setelah tidak memakai jam tangan.

3. Bekas pada pergelangan tangan

Pakai jam tangan juga menekan kulit dan akan meninggalkan bekas yang gatal. Jika bekas tekanan jam tangan pada kulit itu hilang, maka tidak jadi masalah.

Tapi, bekas merah yang menetap pada kulit selama beberapa waktu itu mungkin merupakan tanda bahwa Anda mengenakan jam tangan terlalu ketat.

Jika Anda tidak mengendurkan tali jam atau memberi kulit Anda kesempatan untuk bernapas, hal itu dapat menyebabkan iritasi dan ruam jangka panjang.

4. Kram otot

Jika Anda memakai jam tangan favorit Anda, kompresi terus-menerus dari tali jam dapat membatasi sirkulasi darah yang menyebabkan mati rasa.

Baca Juga: Takut Paparan Matahari? Boleh Jadi Gejala Heliophobia

Pada gilirannya, kurangnya aliran darah bisa menyebabkan kram otot yang menyakitkan dan bahkan mempengaruhi kinerja Anda.

5. Penyakit psoriasis

Salah satu penyakit yang juga bisa dirasakan jika memakai jam tangan setiap saat adalah penyakit psoriasis.

Mengutip insanmedika.co.id, penyakit ini memang jarang terjadi. Suatu hasil studi menunjukkan, dari sekitar 600 ribu orang, hanya sekitar 2 persen saja yang berpotensi terkena penyakit psoriasis.

Penyakit kulit ini bisa terjadi jika kulit Anda mengalami trauma terhadap tekanan secara tiba-tiba. Tanda-tanda dari penyakit ini adalah, pada kulit akan timbut bercak-bercak kemerahan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga