Awas, Orang Stres Berisiko Terpapar COVID-19

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 23 Agustus 2020
0 dilihat
Awas, Orang Stres Berisiko Terpapar COVID-19
Dokter UGD Rumah Sakit Jiwa Kendari, dr. Sofyan Natsir. Foto: Ist.

" Namun yang jadi masalah kalau stres itu mengarah pada gangguan emosional seperti cemas, depresi dan sebagainya. Maka ini yang harus dicegah karena bisa menurunkan kekebalan tubuh dan berisiko terpapar virus COVID-19. "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk menjaga diri dari penyebaran COVID-19, tidak hanya dibutuhkan kekebalan imun tubuh yang baik, tetapi juga menjaga pikiran agar tidak mudah stres.

Hal tersebut disampaikan Dokter Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit (RS) Jiwa Kota Kendari, dr. Sofyan Natsir kepada Telisik.id, Sabtu (22/8/2020).

Menurut dr. Sofyan, stres yang berkepanjangan dapat mengganggu kesehatan fisik serta melemahkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Apakah Baik Bersepeda Menggunakan Masker?

Bahkan, kata dia, stres juga dapat menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan dan sistem reproduksi. Orang yang mengalami stres secara berkepanjangan biasanya juga akan mengalami gangguan tidur.

Hanya saja, Ia melanjutkan, orang yang mengalami stres di tengah pandemi COVID-19 saat ini adalah hal yang wajar. Terutama jika ada keluarga, diri, tetangga, rekan kerja yang positif corona.

"Namun yang jadi masalah kalau stres itu mengarah pada gangguan emosional seperti cemas, depresi dan sebagainya. Maka ini yang harus dicegah karena bisa menurunkan kekebalan tubuh dan berisiko terpapar virus COVID-19," jelasnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga