Ayah Menkominfo Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun, Ini Riwayat Sakit Almarhum

Berto Davids, telisik indonesia
Sabtu, 25 Maret 2023
0 dilihat
Ayah Menkominfo Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun, Ini Riwayat Sakit Almarhum
Situasi rumah duka almarhum Paulus Plate di Kecamatan Reok, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Foto: Berto Davids/Telisik

" Paulus Plate, Ayah dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Jhoni Plate meninggal dunia pada Sabtu (25/3/2023) di Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Paulus Plate, Ayah dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Jhoni Plate meninggal dunia pada Sabtu (25/3/2023) di Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Almarhum Paulus meninggal setelah dirawat intens di Puskesmas Reo kurang lebih 5 hari. Paulus menghembuskan nafas terakhirnya di usia 89 tahun. Ia baru menginjak usia 90 tahun pada 6 Mei 2023 mendatang.

Kepergian putera kelahiran Sikka, 6 Mei 1933 itu meninggalkan 7 orang anak termasuk anak sulung Menkominfo RI, Jhonny Plate.

Baca Juga: Longsor di Colol Manggarai Timur Telan Korban Jiwa, Satu Orang Diperkirakan Balita

Menurut keterangan anak kandung, Heli Plate, sebelum meninggal almarhum memang mengalami riwayat infeksi tenggorokan. Selama sakit ia dirawat oleh anak dan keluarganya di rumah.

"Apalagi dulu bapa orangnya perokok. Selama infeksi bapa sulit sekali untuk menelan liur, tetapi puji tuhan ia masih bisa makan dan minum," ungkap Heli, anak kedua dari tujuh bersaudara.

Ia juga mengungkapkan, almarhum juga sempat jatuh di rumahnya pada September 2022 lalu saat hendak cok listrik ke terminal. Namun ia masih bisa tertolong.

Setelah jatuh kata Heli, saban hari almarhum dirawat oleh anak dan keluarganya di rumah. Almarhum saat itu masih lancar makan dan minum.

"Baru sekitar 5 hari yang lalu kami antar bapa ke Puskesmas karena kondisinya sudah menurun," kata Heli.

Sementara itu informasi yang diperoleh Telisik.id dari Kemenkominfo anak sulungnya, Johnny Plate dijadwalkan akan tiba di rumah duka Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai pada Minggu (26/3/2023) pagi untuk melayat langsung ayahnya.

Baca Juga: PSI Manggarai Ajak Anak Muda dan Perempuan Daftar Bacaleg 2024

Informasi lain dari Plt Camat Reok, Theobaldus Junaidin, prosesi pemakaman juga dihadiri oleh Bupati Manggarai, Heribertus Nabit.

"Besok bupati datang melayat. Kalau ada waktu mungkin beliau juga temani Menkominfo sampai prosesi pemakaman," kata Plt Camat Reok.

Hingga malam ini situasi rumah duka terus dikunjungi pelayat dan informasinya almarhum akan disemayamkan di samping rumah, bersebelahan dengan makam istrinya. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga