Ayam Potong dan Sayuran Jadi Incaran Warga Jelang Sahur Pertama

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Rabu, 22 Maret 2023
0 dilihat
Ayam Potong dan Sayuran Jadi Incaran Warga Jelang Sahur Pertama
Warga masih memadati penjual ayam potong dan sayuran di pasar tradisional Anduonohu hingga sore hari. Foto: Ahmad Badaruddin/ Telisik

" 1 Ramadhan 1444 Hijriah diperkirakan akan jatuh pada Kamis 23 Maret besok, itu berarti mulai dini hari umat muslim akan mulai melakukan sahur pertama mereka "

KENDARI, TELISIK.ID - 1 Ramadhan 1444 Hijriah diperkirakan akan jatuh pada Kamis 23 Maret besok, itu berarti mulai dini hari umat muslim akan mulai melakukan sahur pertama mereka.

Dalam mempersiapkan bulan penuh berkah tersebut, banyak warga Kota Kendari yang memadati pasar-pasar tradisional, salah satunya di pasar Anduonohu, tampak dari pagi hingga sore hari, pasar tersebut tak pernah sepi. Bahkan hingga pukul 5 sore, warga masih memadati pasar tersebut hingga menyebabkan macet sekitar 500 meter.

Adapun sasaran utama warga adalah ayam boiler atau lebih dikenal sebagai ayam potong, rempah-rempah, dan sayuran untuk persiapkan demi hidangan sahur pertama. Sebagaimana disampaikan oleh Joko yang berbelanja di pasar Anduonohu bersama istri.

Baca Juga: Sehari Jelang Ramadan Pasar di Kendari Ramai Pembeli

"Temani istri ke pasar beli ayam, sama tadi habis beli sayur, katanya mau bikin sahur yang enak, kebetulan sebentar sahur pertama," ungkap Joko sambil menggendong anaknya, Rabu (22/3/2023).

Di sisi lain, lonjakan pembelian ayam potong dan sayuran begitu menguntungkan pedagang. Seperti yang dirasakan oleh Ibu Ani yang menjual ayam potong mulai dari harga Rp 55 ribu hingga Rp 75 ribu, tergantung ukuran dari ayam yang dijual.

"Dari pagi banyak yang beli, kebetulan kami bisa langsung potong dan kerja jadi banyak yang beli," tutur Ani.

Baca Juga: Harga Bahan Pokok di Kota Kendari Naik Jelang Ramadan

Untuk sayuran sendiri, jenis sayuran pelengkap sup seperti kentang dan wortel menjadi yang paling banyak dibeli, beserta dengan sayur supnya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Hajrah yang menjual sayuran di pasar Anduonohu.

"Yang paling banyak laku itu wortel sama kentang, kebetulan sama harganya Rp 35 ribu per kilo, jadi biasa orang beli setengah kilo," pungkas wanita paruh baya tersebut.

Selain sebagai hidangan spesial untuk sahur pertama, alasan lain warga memadati pasar adalah demi menjalankan salah satu tradisi yaitu baca-baca atau syukuran menyambut ramadan. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga