Baca Doa Ini Ketika Terjadi Gempa, Mohon Perlindungan pada Allah SWT

Haerani Hambali, telisik indonesia
Sabtu, 26 Maret 2022
0 dilihat
Baca Doa Ini Ketika Terjadi Gempa, Mohon Perlindungan pada Allah SWT
Perbanyak doa dan zikir untuk memohon perlindungan pada Allah pada saat musibah terjadi. Foto: Repro NU online

" Saat gempa bumi atau bencana alam lain terjadi, yang bisa dilakukan oleh umat Muslim hanyalah memohon dan meminta perlindungan pada Allah Ta’ala "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai umat Islam, kita diajarkan untuk memperbanyak zikir dan doa memohon perlindungan kepada Allah Ta'ala saat gempa bumi terjadi. Sesuai dengan sabda Rasulullah yang diriwayatkan dalam hadis Imam An-Nasa'i dari Abu Al-Yasar.

Melansir detikcom, berikut ini sejumlah doa yang bisa dipanjatkan saat terkena musibah. Khususnya doa ketika gempa bumi sesuai sunnah, dikutip dari buku Tiket ke Surga (Doa-doa Mustajab) karya Abdul Majid dan Isfa'udin.

Doa ketika terjadi gempa bumi

Allahumma inni asaluka khairaha wa khaira ma fiha, wa khaira ma arsalta bihi, wa a'udzubika min syarriha, wa syarri ma fîha wa syarri ma arsalta bihi.

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan." (HR An Nasa'i).

Bisa juga membaca doa mohon perlindungan yang dibaca oleh Nabi Nuh saat memohon kepada Allah SWT untuk diselamatkan dari bencana alam.

Rabbi innii 'a'uu zubika ann as alaka maa laisa lii bihi ilmun wa illaa tag firlii wa tar ham nii akum minal khaa siriin.

Baca Juga: Yuk Persiapkan Diri Sambut Ramadan

Artinya: "Ya Tuhanku, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari memohon sesuatu yang aku tidak mengetahui hakikatnya. Sekiranya Engkau tidak memberi ampunan serta tidak menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk golongan orang-orang yang merugi," (QS Hud: 47).

Doa lain yang bisa dipanjatkan saat terjadi musibah gempa, yang dicontohkan Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, seperti dilansir dari buku Kumpulan Do'a dari Al-Qur’an dan As-Sunnah yang Shahih karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas, berikut bacaan doanya,

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, Allahumma ajirhum fii mushibatihim, wa akhlif lahum khoiran minha".

Baca Juga: Mengapa Kita Harus Sering Mengingat Kematian? Ini Alasannya

Artinya: "Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan gantilah dengan yang lebih baik."

Saat gempa bumi atau bencana alam lain terjadi, yang bisa dilakukan oleh umat Muslim hanyalah memohon dan meminta perlindungan pada Allah Ta’ala melalui bacaan doa sesuai sunnah di atas. Selain membaca doa, umat Muslim juga bisa berzikir mengingat Allah Ta’ala saat bencana tengah terjadi. (C)

Reporter: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga