Baca Doa Ini Saat Angin Kencang Agar Terhindar dari Bencana

Haerani Hambali, telisik indonesia
Kamis, 09 Maret 2023
0 dilihat
Baca Doa Ini Saat Angin Kencang Agar Terhindar dari Bencana
Dalam keadaan angin bertiup keras maupun berembus lunak, kita dianjurkan untuk mengingat Allah SWT. Karena pada hakikatnya kekuatan air, angin, api, dan tanah berada di bawah kendali-Nya. Foto: Repro NU online

" Dalam surat Al-Baqarah ayat 164 tertulis bahwa hujan dan angin kencang merupakan salah satu tanda kebesaran Allah Subhanahu wa Ta'ala "

KENDARI, TELISIK.ID - Angin kencang disertai hujan lebat tentu saja membuat kita sangat khawatir. Dalam surat Al-Baqarah ayat 164 tertulis bahwa hujan dan angin kencang merupakan salah satu tanda kebesaran Allah Subhanahu wa Ta'ala.

"Dan perkisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi, (semua itu) sungguh, merupakan tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mengerti." (Al Baqarah ayat 164).

Akan tetapi, dalam kondisi tertentu, angin kencang dan hujan lebat dapat menimbulkan musibah dan membahayakan. Oleh karenanya, agar mendapatkan kebaikan dan jauh dari bencana akibat angin kencang, umat Islam diimbau untuk membaca doa.

Baca Juga: Ciri-Ciri Rezeki yang Berkah

Berikut ini adalah doa yang bisa dibaca saat terjadi hujan yang disertai angin kencang, dikutip dari Bisnis.com.

Allahumma innii as'aluka khairahaa wa a'uudzubika min syarriha

Artinya: Ya Allah, sungguh aku mohon kepada-Mu kebaikan angin ini, serta aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya. (Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Doa lainnya:

Allahumma innii as'aluka khairahaa wa khaira maa fiiha wa khaira maa ursilat bihi wa a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiiha wa syarri maa ursilat bihi.

Artinya: Ya Allah, sungguh aku mohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan apa yang ada padanya, dan kebaikan pada tujuan angin ini diembuskan. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan angin ini, keburukan apa yang ada padanya, dan keburukan tujuan angin ini diembuskan. (Muslim dan At Tirmidzi).

Doa Ketika Hujan

Dikutip dari Ramadan.tempo.co, berdasarkan hadis Bukhari nomor 1032, kita disunahkan membaca doa saat turun hujan.

Allahumma shoyyiban nafi'an.

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan yang bermanfaat bagi manusia, tanaman, dan binatang.

Doa Ketika Hujan Lebat

Dari hadis riwayat Bukhari nomor 1013, berikut doa agar hujan lebat berhenti mengguyur atau dialihkan ke tempat lain: 

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Baca Juga: Amalan Utama di Malam Nisfu Syaban, Nomor 3 Allah Mudahkan Rezeki

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah, serta beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.

Zikir Setelah Hujan

Setelah hujan mereda, ada baiknya kita mengucapkan: Muthirnaa bu fadhlillahi wa rahmatihi.

Artinya: Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah. (C)

Penulis: Haerani Hambali 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga