adplus-dvertising

Baca Doa Ini untuk Dapatkan Husnul Khotimah

Haerani Hambali, telisik indonesia
Jumat, 12 November 2021
3950 dilihat
Baca Doa Ini untuk Dapatkan Husnul Khotimah
Meninggal dunia dalam keadaan husnul khotimah adalah impian setiap Muslim. Namun, tidak semua Muslim bisa meninggal dalam keadaan yang baik. Foto: Repro merdeka.com

" Doa memohon kematian husnul khotimah dapat dibaca tiap Muslim yang ingin meninggal dalam kondisi baik. Husnul khotimah, atau tepatnya husnul khatimah, bermakna akhir yang baik "

KENDARI, TELISIK.ID - Doa memohon kematian husnul khotimah dapat dibaca tiap Muslim yang ingin meninggal dalam kondisi baik. Husnul khotimah, atau tepatnya husnul khatimah, bermakna akhir yang baik.

Pengertian husnul khotimah menurut bahasa arab terdiri dari kata hasan yakni baik dan khatimah yang berarti sebuah akhir. Oleh karena itu, kalimat husnul khatimah berarti akhir yang baik.

Namun, tak jarang masyarakat menuliskan kalimat duka dengan tulisan khusnul khatimah yang justru berarti akhir yang hina.


Ada beberapa versi doa mohon kematian husnul khotimah. Versi ini diterangkan dalam situs Kanwil Kemenag Jabar dan buku Khusnul Khotimah, Jalan Menggapai Indahnya Kematian Menuju Kebahagiaan Abadi yang ditulis Ust DR H Muinudinillah, MA, seperti dilansir dari detik.com.

Baca Juga: 6 Doa untuk Ayah yang Bisa Kamu Panjatkan Hari Ini

1. Doa sesuai penjelasan Kanwil Kemenag Jabar

Allahummaghfirli ummatan Sayidina Muhammad, Allaahummar ham Ummatan Sayidina Muhammad, Allahummas tur Ummatan Sayidina Muhammad

Artinya: "Ya Allah ampunilah umat Sayidina Muhammad, Ya Allah Sayangilah Umat Nabi Muhammad SAW, Ya Allah tutuplah Kejelekan Umat Muhammad."

Doa ini dibaca sebelum salat subuh yang diambil dari Kitab Nashihul Ibad. Muslim yang membaca doa ini akan memperoleh manfaat, cahaya kebaikan, dan diantar menuju kematian husnul khotimah.

2. Doa yang diambil dari ayat Al Quran

a. Qs Ali Imran ayat 193

Rabbanaa innanaa sami'naa munaadiyay yunaadii lil-iimaani an aaminuu birabbikum fa aamannaa rabbanaa fagfir lanaa zun?banaa wa kaffir 'annaa sayyi`aatinaa wa tawaffan? ma'al-abraar

Artinya: Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): "Berimanlah kamu kepada Tuhanmu," maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti.

b. QS Al Baqarah 201

Wa min-hum may yaq?lu rabbanaa aatinaa fid-dun-yaa ?asanataw wa fil-aakhirati ?asanataw wa qinaa 'a?aaban-naar

Artinya: Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka."

3. Doa dalam Al Ma'tsurat

Allahmumma ahsin 'aaqibatana fiil-umuuri kullihaa wa ajirnaa min khizyid-dunyaa wa 'adzaabil-aakhirati

Artinya: "Ya Allah perbagusilah akhir segala urusan kita semuanya, dan hindarkan kami dari kehinaan dunia dan azab akhirat."

Sebagai seorang Muslim, doa harus selalu dipanjatkan pada Allah SWT setelah melakukan upaya terbaik. Termasuk doa husnul khotimah agar diberi akhir kehidupan dunia yang baik dan indah.

Doa adalah bentuk pasrah dan berserah diri seorang Muslim, seperti isi QS Al An'am ayat 162:

Qul inna salaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil-'aalamiin

Artinya: Katakanlah, "Sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam."

Cara Mendapatkan Husnul Khotimah

Allah telah memperingatkan kita untuk mempersiapkan diri dan memperhatikan setiap apa yang kita kerjakan. Allah berfirman pada surat Al-Hasyr ayat 18,

Baca Juga: Jarang Beribadah Namun Nikmat Hidup Bertambah, Hati-Hati Istidraj

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Meninggal dunia dalam keadaan husnul khotimah adalah impian setiap Muslim. Namun, tidak semua Muslim bisa meninggal dalam keadaan yang baik.

Bagaimana cara untuk mendapatkan akhir kehidupan yang baik?

Dikutip dari merdeka.com, Imam Sufyan Al-Tsauri menyebutkan beberapa kiat-kiat untuk mendapatkan akhir yang husnul khotimah, yaitu:

Pertama, menjaga iman dan ketakwaan secara istiqomah kepada Allah SWT.

Kedua, berusaha sungguh-sungguh memperbaiki lahir dan batin.

Ketiga, senantiasa berdoa kepada Allah agar diwafatkan dalam keadaan beriman.

Keempat, senantiasa berzikir kepada Allah dalam keadaan apapun. (C)

Reporter: Haerani Hambali

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga