Bacaan Doa Ini Mampu Tangkal Mimpi Basah

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 08 September 2024
0 dilihat
Bacaan Doa Ini Mampu Tangkal Mimpi Basah
Walaupun beberapa orang merasa bisa mencegah mimpi basah terjadi, tetap tidak ada bukti bahwa kondisi ini bisa dicegah. Foto: Repro Pixabay

" Mimpi basah adalah fenomena alamiah yang sering dialami oleh banyak orang, terutama saat masa remaja dan awal dewasa. Ini adalah bagian dari perkembangan tubuh yang normal dan tidak perlu dianggap memalukan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Mimpi basah adalah fenomena alamiah yang sering dialami oleh banyak orang, terutama saat masa remaja dan awal dewasa. Ini adalah bagian dari perkembangan tubuh yang normal dan tidak perlu dianggap memalukan.

Namun, bagi sebagian orang, mimpi basah bisa menjadi gangguan yang menimbulkan rasa tidak nyaman, terutama jika terjadi terlalu sering.

Telisikers, banyak yang mencari cara untuk mengurangi frekuensi terjadinya mimpi basah, termasuk melalui doa-doa penangkal.

Mengutip bincangsyariah.com, Minggu (8/9/2024), dalam agama Islam, ihtilam atau mimpi basah sering kali dianggap sebagai tanda seseorang telah mencapai masa baligh.

Dalam kitab-kitab fikih disebutkan bahwa ihtilam terjadi ketika seseorang mengeluarkan mani dalam keadaan tidur, baik disebabkan oleh mimpi bersetubuh atau penyebab lainnya.

Fenomena ini menunjukkan bahwa organ reproduksi sudah mulai berfungsi secara normal. Namun, jika mimpi basah terjadi terlalu sering, ada beberapa doa dan dzikir yang bisa dibaca sebelum tidur untuk mengurangi frekuensinya.

Baca Juga: Perjalanan Dave Chappelle, Komedian Kondang Amerika jadi Mualaf

Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Abu Qatadah, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Mimpi baik berasal dari Allah, sementara mimpi buruk berasal dari setan.”

Dari pernyataan tersebut, dapat dipahami bahwa mimpi basah atau ihtilam sering kali dihubungkan dengan godaan atau permainan setan. Karena itu, penting untuk memperbanyak dzikir sebelum tidur agar terhindar dari mimpi yang tidak diinginkan.

Tidak hanya itu, dalam hadis lain yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas, disebutkan bahwa, “Tidak ada para nabi yang mengalami ihtilam atau mimpi basah. Karena mimpi basah berasal dari setan.”

Ini menunjukkan bahwa mimpi basah dianggap sebagai salah satu bentuk gangguan yang berasal dari setan, bukan dari fitrah manusia yang suci.

Bagi mereka yang sering mengalami mimpi basah, dianjurkan untuk membaca doa khusus sebelum tidur. Doa ini diambil dari kitab Falahus Sa-il yang berisi dzikir dan doa-doa penangkal mimpi buruk, termasuk mimpi basah. Bacaan doa tersebut adalah:

??????????? ??????? ???????? ???? ???? ????????????? ?????? ?????? ???????????? ?????? ???? ??????????? ???? ???????????? ??? ??????????? ????????????  

(Allohumma innii a’uudzubika minal ihtilaami wa min suu-il ahlaami wa min ayyatalaa-‘aba biyasy syaithoonu fil yaqzhoti wal manaam).

Baca Juga: Bacaan Doa saat Kehilangan Barang Lengkap dengan Terjemahan Arab

Artinya: "Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari mimpi basah, dan dari mimpi buruk, serta dari setan yang bermain-main denganku, baik saat terjaga maupun saat tidur."

Doa ini diyakini bisa membantu mengurangi frekuensi mimpi basah dan menjaga seseorang dari godaan setan, baik saat tidur maupun terjaga.

Sebagaimana disebutkan dalam hadis di atas, mimpi buruk dan mimpi basah sering kali berasal dari gangguan setan, sehingga memperbanyak dzikir sebelum tidur merupakan salah satu cara terbaik untuk melindungi diri.

Selain membaca doa di atas, menjaga kebersihan dan menghindari pikiran yang tidak baik sebelum tidur juga bisa membantu mencegah mimpi basah. Menghindari gambar atau bacaan yang dapat memicu pikiran negatif sangat disarankan.

Dengan membaca doa dan dzikir, seseorang bisa lebih tenang sebelum tidur dan diharapkan dapat terhindar dari mimpi yang mengganggu, termasuk mimpi basah.

Doa ini bisa dijadikan amalan harian sebelum tidur, terutama bagi mereka yang sering mengalami mimpi basah. Sebagai umat Islam, percaya bahwa Allah akan selalu melindungi hamba-Nya yang memohon perlindungan, termasuk dalam urusan-urusan kecil seperti mimpi basah. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga