Bagai Dua Sisi Mata Uang, BKKBN dan IBI Sulawesi Tenggara Kerja Sama Sejak 1979

Haidir Ali, telisik indonesia
Rabu, 11 Mei 2022
0 dilihat
Bagai Dua Sisi Mata Uang, BKKBN dan IBI Sulawesi Tenggara Kerja Sama Sejak 1979
Kepala BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara, Asmar (dua dari kanan) sedang memantau pelayanan kepada peserta Akseptor oleh para bidan pada momentum HUT IBI ke-71. Foto: Haidir Ali/Telisik

" BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara bersama Pengurus Daerah (PD) IBI, berkerja sama menggelar gebyar pelayanan Keluarga Berencana (KB) serentak di kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara bersama Pengurus Daerah (PD) IBI, berkerja sama menggelar gebyar pelayanan Keluarga Berencana (KB) serentak di kota Kendari.

BKKBN Sulawesi Tenggara memfasilitasi segala perlengkapan yang dibutuhkan oleh IBI dalam menggelar gebyar pelayanan KB kepada masyarakat, yang dimulai sejak 18 April 2022 sampai pada puncaknya hari ini, Rabu (11/5/2022), bertempat di sekretariat PD IBI, jalan Kampung Baru, Kota Kendari.

Kepala BKKBN Sulawesi Tenggara, Asmar mengungkapkan, kegiatan itu merupakan bagian dari bentuk kerja sama antara BKKBN dan IBI Sulawesi Tenggara untuk mencapai target pelayanan pemberian KB kepada masyarakat.

Ia manambahkan BKKBN dan IBI ini, tidak bisa dipisahkan satu sama lainya, dalam hal menjalankan program-program untuk mencapai target sesuai dengan yang diharapkan baik di tingkat nasional maupun daerah, terkhusus Sulawesi Tenggara.

"Kami BKKBN dengan IBI ini, bagaikan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Kami selalu beriringan dalam menjalankan program-program, terutama dalam hal pelayanan KB kepada masyarakat," kata Asmar.

Baca Juga: HUT Kota Kendari Diwarnai Sampah Berserakan di Jalan

Senada, Ketua PD IBI Sulawesi Tenggara, Maswaty Madjid menuturkan, kerja sama antara BKKBN dan IBI sudah sejak lama yakni tahun 1979 dan hari ini HUT IBI ke-71, keduanya masih komitmen bekerja sama dalam berbagai program pelayanan kepada masyarakat, terutama pada pelayanan KB yang sudah menjadi program nasional.

"Kerja sama ini dilakukan sejak BKKBN ada, kami berjalan bersama, kami berbagi peran satu sama lain, pihak BKKBN menyiapkan segala kebutuhan seperti alat kontrasepsi, Alkon dan mereka pula ada petugas lapangannya di setiap wilayah, baik di kota maupun di desa-desa," jelasnya.

Sedangkan IBI kata dia, menyiapkan para bidan sebagai tenaga profesional, memberikan pelayanan kepada para peserta dan pasien, baik yang disediakan oleh pihak BKKBN maupun pasien dari para bidan itu sendiri.

Baca Juga: Wajibkan Swab Antigen, RS Hermina Beratkan Keluarga Pasien

"Kerja sama ini bukan saat gebyar momentum HUT IBI saja, namun ini dilakukan apabila ada pasien yah, kami harus layani," tuturnya.

Tempat sama, salah seorang pasien yang berasal dari Kelurahan Lapulu, Kecamatan Abeli, Kota Kendari mengungkapkan,  pelayanan yang diberikan sangat bagus dan cukup memuaskan dalam hal pemberian fasilitas KB kepada masyarakat, baik petugas pelayanan maupun berbagai fasilitas yang tersedia, ia terima dengan sangat baik untuk para Ibu yang menggunakan KB.

"Pelayananya sangat bagus, dan ini sudah yang ke dua kalinya saya melakukan KB, semoga tahun berikutnya saya bisa ikut lagi, dalam program KB ini, saya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak BKKBN dan IBI yang sudah memberikan pelayanan ini kepada kami," tutupnya. (A-Adv)

Reporter: Haidir Ali

Editor: Kardin

Baca Juga