Bagaimana Nasib Proyek Tol Usai Menkominfo Tersangka?

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 24 Mei 2023
0 dilihat
Bagaimana Nasib Proyek Tol Usai Menkominfo Tersangka?
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menanggapi penetapan tersangka eks Menkominfo Johnny G Plate. Foto: Repro Kumparan.com

" Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, proyek Tol Langit akan sangat membantu Indonesia, khususnya dalam hal pemerataan jaringan internet "

JAKARTA, TELISIK.ID - Menkominfo Jhonny Plate ditetapkan sebagai tersangka, dalam kasus dugaan korupsi proyek penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS), Badan Layanan Umum (BLU) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo oleh Kejaksaan Agung pada Rabu (17/5/2023).

Menanggapi itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, proyek Tol Langit akan sangat membantu Indonesia, khususnya dalam hal pemerataan jaringan internet.

Pemerataan jaringan antara lain untuk menyampaikan perkembangan nasional, keberhasilan ekonomi, hingga digunakan untuk kegiatan belajar jarak jauh, seperti dilansir dari Kumparan.com.

Selain itu, fungsi internet juga bagian dari upaya menyatukan dan mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebab, Ma'ruf menilai NKRI tidak hanya diwujudkan dalam bentuk politik.

Baca Juga: Menkominfo jadi Tersangka Korupsi, Ternyata Hartanya Lebih Banyak dari Jokowi

Baca Juga: Ditunjuk Jokowi jadi Plt Menkominfo, Ini Rekam Jejak Mentereng Mahfud MD

"Tetapi sifatnya juga pembangunan jalan, pembangunan fasilitas dasar, dan termasuk fasilitas internet komunikasi itu menjadi bagian membangun NKRI yang harus dibenahi," terang dia.

Oleh karenanya, Ma'ruf menekankan butuh perencanaan dan pengawasan dalam mengurus proyek Tol Langit.

"Pengawasan itu sudah harus dilakukan sebelum perencanaan. Audit baru dimulai kalau terjadi penyimpangan," jelasnya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga