Bahayakan Keselamatan Jurnalis, Konpres Wali Kota Dikecam

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 30 Maret 2020
0 dilihat
Bahayakan Keselamatan Jurnalis, Konpres Wali Kota Dikecam
Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI). Foto: Ist

" Ini sangat membahayakan jiwa para jurnalis yang melakukan peliputan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Konfrensi Pers (Konpres) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Kendari (Pemkot) menuai kecaman dari Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulawesi Tenggara yang menilai kegiatan tersebut sangat membahayakan jurnalis.

Di saat semua pihak saat ini sedang berupaya mencegah laju penyebaran COVID-19 melalui berbagai langkah, seperti physical dinstancing, melarang kerumunan, serta menghentikan aktifitas luar rumah, Pemerintah Kota Kendari justru menggelar konfrensi pers tentang kebijakan Pengawasan Wilayah Perbatasan Kota Kendari guna mencegah penyebaran COVID-19 di Rumah Jabatan Wali Kota Kendari, Senin (30/3/2020).

Baca Juga : Satu April, Pemkot Kendari Berlakukan Karantina Wilayah

Konpres yang digelar secara langsung tersebut mengundang dan melibatkan puluhan jurnalis dari berbagai media tanpa ada pengaturan jarak antara jurnalis satu dengan lainnya.

IJTI Sultra menganggap Konpres yang digelar oleh Pemerintah Kota Kendari justru menciptakan kerumunan yang berpotensi menyebarkan COVID-19.

"Ini sangat membahayakan jiwa para jurnalis yang melakukan peliputan," ungkap Ketua IJTI, Asdar Zuula, Senin (30/3/2020).

Baca Juga : Pemkot Imbau Masyarakat tidak Mudik Lebaran

"Konfrensi pers Wali Kota Kendari tidak mengindahkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19," tambah Asdar Zuula.

IJTI juga mengimbau kepada para jurnalis untuk mengutamakan keselamatan saat menjalankan tugas peliputan dengan mematuhi protokol kesehatan serta mitigasi peliputan COVID-19.

 

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Rani

Baca Juga