Bahlil Lahadalia Bakal Rombak Calon Kepala Daerah dari Golkar Rekomendasi Airlangga Hartarto

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 21 Agustus 2024
0 dilihat
Bahlil Lahadalia Bakal Rombak Calon Kepala Daerah dari Golkar Rekomendasi Airlangga Hartarto
Usai terpilih menjadi ketua umum Golkar, Bahlil Lahadalia bakal merevisi kembali calon Kepala Daerah. Foto: [email protected]

" Ketua Umum Partai Golkar yang baru terpilih, Bahlil Lahadalia, memberikan sinyal bahwa dirinya akan merombak rekomendasi bakal calon (balon) kepala daerah yang telah dikeluarkan oleh pendahulunya, Airlangga Hartarto "

JAKARTA, TELISILIK.ID - Ketua Umum Partai Golkar yang baru terpilih, Bahlil Lahadalia, memberikan sinyal bahwa dirinya akan merombak rekomendasi bakal calon (balon) kepala daerah yang telah dikeluarkan oleh pendahulunya, Airlangga Hartarto.

Keputusan ini membuka babak baru dalam kepemimpinan Partai Golkar, terutama dalam strategi menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Bahlil menjelaskan bahwa dirinya akan melakukan evaluasi terhadap calon-calon yang telah direkomendasikan. Ia tidak akan mengubah semua calon, tetapi yang dianggap kurang sesuai akan ditinjau ulang.

“Yang sudah bagus tidak diubah. Yang belum bagus akan dicek untuk dibuat bagus,” ujar Bahlil saat jumpa pers usai terpilih sebagai Ketua Umum Partai Golkar di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (21/8/2024), seperti dilansir dari antaranews.com.

Baca Juga: Serah Terima Jabatan Menkumham, Supratman Minta Kolaborasi Seluruh Jajaran Kemenkumham

Bahlil mengungkapkan bahwa Partai Golkar adalah partai yang sudah matang dan dewasa dalam politik, sehingga perubahan besar tidak akan dilakukan tanpa kajian mendalam. Namun, ia menegaskan bahwa jika ada hal yang perlu diperbaiki, dirinya tidak akan ragu untuk melakukan perubahan.

Bahlil juga menargetkan kemenangan Partai Golkar yang signifikan dalam pilkada mendatang. Ia menyatakan bahwa partainya menargetkan kemenangan minimal 60 persen di seluruh wilayah Indonesia.

“Kita pingin kursi kita lebih banyak dan di pilkada ini kita juga ingin menjadi yang terbaik dari setiap partai politik yang ada,” ucap Menteri ESDM ini.

Sementara itu, Plt Ketua Umum sebelumnya, Agus Gumiwang Kartasasmita, menyatakan bahwa rekomendasi calon kepala daerah yang dikeluarkan selama masa kepemimpinan Airlangga Hartarto belum ada yang bersifat final.

Baca Juga: KPU RI Kaji Dua Putusan MK Syarat Calon Kepala Daerah, Parpol Tanpa Kursi DPRD Bisa Diusung

Menurut Agus, keputusan final baru akan diteken oleh ketua umum dan kepengurusan baru setelah Munas (Musyawarah Nasional).

“Berkaitan dengan penetapan cakada dan cawakada dari Partai Golkar, prosesnya sudah berjalan. Saya sampaikan di sini bahwa penetapan yang fix itu belum ada satu pun,” ujarnya dalam jumpa pers di Rapimnas Golkar di JCC, Selasa (20/8/2024).

Di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto, Golkar telah memberikan dukungan kepada sejumlah calon kepala daerah di Pilkada 2024.

Sejumlah daerah yang telah menerima dukungan dari Golkar mayoritas berada di tingkat kabupaten dan kota. Sementara itu, di tingkat provinsi, dukungan Golkar baru diberikan untuk DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga