Bakal jadi Ikon Buton Selatan, Waburi Park Pukau Pelancong Manca Negara

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Rabu, 15 Mei 2024
0 dilihat
Bakal jadi Ikon Buton Selatan, Waburi Park Pukau Pelancong Manca Negara
Destinasi wisata Waburi Park, Lapandewa, Buton Selatan. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Digadang-gadang bakal jadi ikon Buton Selatan, keindahan alam destinasi wisata Waburi Park di Desa Gaya Baru, Kecamatan Lapandewa, memukau pelancong dari manca negara "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID – Digadang-gadang bakal jadi ikon Buton Selatan, keindahan alam destinasi wisata Waburi Park di Desa Gaya Baru, Kecamatan Lapandewa, memukau pelancong dari manca negara.

Waburi Park beberapa tahun terakhir ini menjadi salah satu destinasi wisata yang selalu diunggulkan baik oleh masyarakat maupun Pemerintah Kabupaten Buton Selatan.  

Waburi Park merupakan destinasi wisata alam yang menyuguhkan pemandangan dari sisi lain Pulau Buton. Terletak di paling selatan daratan Pulau Buton, wisata alam Waburi Park menyuguhkan hamparan lautan bebas dan terumbu karang yang nampak jika dilihat dari atas Waburi Park. Posisinya yang berdiri di atas tebing, menambah nilai jual bagi para penikmat senja.

Diapit dua kecamatan yakni Sampolawa dan Lapandewa, Waburi Park juga menyuguhkan pemandangan pegunungan bebatuan yang rapi dan datar yang terbentuk secara alami. Saking memukaunya, Waburi Park sempat dilirik oleh pelancong manca negara.

Bernadus, seorang pelancong yang berasal dari Malaysia Timur, menyempatkan diri untuk berkunjung di Waburi Park. Ia mengaku mengetahui Waburi Park dari keluarganya yang berada di Kota Baubau.

Ia mengaku begitu terkejut. Hanya dengan Rp 10.000 atau hampir setara dengan RM 3 (tiga Ringgit Malaysia), dia sudah bisa menikmati pemandangan alam tropis Pulau Buton. Bernadus merasa tidak rugi merogoh kocek sebanyak itu. Malah kata dia, pemandangan alam harganya sangat tidak ternilai, begitu mahal. Oleh sebab itu ia bersyukur masih mendapatkan suguhan alam yang masih begitu asri.

Baca Juga: Dilanda Kekeringan, Wisata Alam Kabura-burana Buton Selatan Tetap Beroperasi

“Saya terkejut hanya sepuluh ribu rupiah sudah bisa berwisata di sini,” tutur Bernadus, Selasa (14/5/2024).

Pada hasil kunjungan Telisik.id di objek wisata Waburi Park, terdapat gazebo dengan ukuran yang cukup besar yang dapat menampung sekeluarga ataupun rombongan. Gazebo ini disewakan kepada pengunjung.

Lalu beberapa spot foto ikonik khas dari Waburi Park, terdapat pula homestay yang dapat disewa bagi pengunjung yang ingin menginap dan juga fasiltas toilet yang lengkap serta papan informasi mengenai sejarah dari destinasi wisata tersebut.

Bukan hanya itu, pada saat datang berwisata, pengunjung yang tiba-tiba mengalami gangguan kesehatan saat berlibur, sudah dapat dirawat di gedung Polindes yang mempunyai fungsi ganda untuk melayani dan menangani hal-hal yang berkaitan dengan gangguan kesehatan bagi pengunjung.

Kemudian lapak-lapak pedagang kaki lima yang bukan hanya menjual jajanan dan makanan ringan, namun juga menjual makanan berat seperti makanan tradisional khas dari Buton Selatan yang dapat dinikmati baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan dari daerah lain.

Maka dari itu, Waburi Park disebut juga sebagai lapangan kerja baru yang mendorong pertumbuhan ekonomi yang berintegritas khususnya bagi masyarakat Desa Gaya Baru, Lapandewa, Buton Selatan.

Dinda Astiana, salah satu pedangan kaki lima di Waburi Park mengaku sejak adanya objek wisata Waburi Park, roda perkonomian warga Desa Gaya Baru makin meningkat. Selain itu, membuka lapangan kerja baru bagi warga setempat.

Ia mengatakan, pada kondisi sepi, omzet per hari hanya mencapai Rp 100.000 hingga Rp 200.000. Sedangkan pada waktu liburan akhir pekan (weekend), omzet mencapai Rp 600.000 per hari. Namun ketika memasuki perayaan hari besar misalnya seperti Idul Fitri ataupun libur sekolah, ia mengaku dapat meraup omzet hingga menembus Rp 1 juta hingga Rp 2 juta.

Hal tersebut kata dia, membuktikan bahwa dengan adanya sektor kepariwisataan di Buton Selatan, dapat membantu membuka lapangan kerja dan merubah nasib dan ekonomi masyarakat khususnya di Desa Gaya Baru, Lapandewa. Ia juga berharap semoga ke depannya makin banyak lokasi-lokasi yang dapat diberdayakan menjadi objek wisata sehingga masyarakat Buton Selatan makin sejahtera

Baca Juga: Menikmati Water Park Mantara Kendari Wisata Air Buatan, Isi Libur Panjang Nataru

“Sangat membantu sekali bagi kami masyarakat Desa Gaya Baru dengan adanya objek wisata Waburi Park, karena yang jaga jualan kadang anak-anak sekolah, setidaknya mereka tidak minta lagi sama orang tua,” katanya.

Sementara itu saat kunjungan Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman, pada 2 Mei lalu di Waburi Park, menyatakan bahwa Waburi Park merupakan salah satu gebrakan dari Desa Gaya Baru, Lapandewa, yang mana saat ini sangat merubah perekonomian warga setempat.

Budiman menyatakan, yang awalnya masih terdapat masyarakat yang menganggur, dengan adanya objek wisata tersebut, sangat memberikan dampak positif terhadap tingkat ekonomi warga setempat.

Ia menyebutkan bahwa saat ini Buton Selatan salah satu fokusnya ialah bergerak di sektor kepariwisataan. Ia berharap potensi-potensi alam dari semua desa dapat dimaksimalkan menjadi objek wisata.

“Kita doakan semoga Waburi Park tetap eksis,” ungkapnya pada Telisik.id. (A)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga