adplus-dvertising

Bakal Jadi Ikon Wisata, Kali Kadia Dipenuhi Sampah

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Minggu, 22 Januari 2023
359 dilihat
Bakal Jadi Ikon Wisata, Kali Kadia Dipenuhi Sampah
Kali Kadia yang akan dijadikan ikon wisata terbaru Kota Kendari, kini dipenuhi sampah. Foto: Rasmin Jaya/Telisik

" Banyaknya sampah yang berserakan di bawah jembatan Kali Kadia, mencemari dan mengganggu keindahan kali "

KENDARI, TELISIK.ID - Kali Kadia yang akan dicanangkan sebagai ikon wisata, malah dipenuhi sampah. Banyaknya sampah yang berserakan di bawah jembatan Kali Kadia, mencemari dan mengganggu keindahan kali.

Kepala Seksi Drainase dan Kali Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, Toto Kadarusman mengatakan, sampah yang berserakan di jembatan Kali Kadia karena ulah masyarakat yang membuang sampah sembarangan dan kurang menjaga kebersihan kali.

"Harusnya masyarakat menjaga kebersihan, jangan membuang sampah di kali dan drainase, itu kan sangat merusak pemandangan dan menyebabkan saluran air tersumbat. Apa lagi Kali Kadia ini akan dijadikan ikon wisata, lokasinya juga cukup strategis dan banyak menarik pengunjung," tuturnya, Sabtu(21/1/2023).


Tak hanya itu, DLHK Kota Kendari juga akan selalu memastikan kebersihan setiap daerah aliran sungai dan drainase. Bahkan kegiatan pembersihan akan dijadikan sebagai rutinitas di 13 titik kali yang ada di Kota Kendari, dari Kampung Salo sampai Perumahan Beringin Hotel Srikandi.

Baca Juga: Tepi Jalan Pantai Toronipa Kini Jadi Tempat Nongkrong

Baca Juga: Kondisi Pantai Nambo Kian Memprihatinkan

Sementara pengawas lapangan Dinas Lingkungan Hidup Kota Kendari La Kora membeberkan, salah satu upaya mendukung program Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu Bergerak (Bersih, Gesit, Ramah, Asri dan Kondusif), DLHK terus melakukan penanganan sampah di setiap titik kali, drainase dan pesisir pantai yang ada di Kota Kendari, terkhusus jembatan Kali Kadia yang akan dijadikan ikon wisata terbaru Kota Kendari.

"Masyarakat itu kan sudah diimbau menjaga kebersihan, tapi masih membuang sampah juga di kali. Harapannya kepada seluruh masyarakat agar bisa bekerja sama, membuang sampah pada tempat yang telah disediakan dan di jam yang sudah ditentukan," tegasnya.

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kebersihan, ia berharap ikon baru ini bisa tertata lebih baik, lebih cantik dan semakin layak. Karena dengan itu, bisa menarik semua kalangan untuk berkunjung ke Kali Kadia. (B)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS  

Artikel Terkait
Baca Juga