Balita Ini Sudah Dua Tahun Menderita Tumor Ganas, Butuh Bantuan Biaya Pengobatan

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 18 April 2021
0 dilihat
Balita Ini Sudah Dua Tahun Menderita Tumor Ganas, Butuh Bantuan Biaya Pengobatan
LM Aksar Afsar Mahardika terbaring lemah di pangkuan ibunya. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kami langsung keluar dari RS dan melakukan pengobatan secara tradisional. "

MUNA, TELISIK.ID - LM Aksar Afsar Mahardika, bocah empat tahun asal Desa Liangkabori, Kecamatan Loghia, Kabupaten Muna, membutuhkan uluran tangan para dermawan.

Di usia yang masih sangat belia yang seharusnya ia nikmati untuk bermain dengan teman sebayanya, malah harus menahan rasa sakit di tubuhnya.

Sudah hampir dua tahun tumor ganas menggerogoti tubuh putra keempat pasangan suami istri, La Ode Musabaka dan Wa Ode Sitti Aisyah itu. Kini, Afsar hanya bisa terbaring lemah.

Kedua orang tuanya yang hanya pekerja serabutan, sudah berupaya maksimal untuk menyembuhkan penyakit putranya itu. Namun hingga saat ini, obatnya belum juga bisa ditemukan. Sesuai arahan dokter di Rumah Sakit (RS) Bahteramas, Kendari, jalan satu-satunya, Afsar harus dioperasi. Itupun, harus di Makassar,  karena di Kendari belum memiliki dokter spesialis bedah saraf.

Bermodalkan BPJS, orang tuanya berencana akan membawa Afsar ke Makassar. Tentunya, bila hanya mengandalkan BPJS tidak akan mencukupi untuk kebutuhan selama di Makassar. Apalagi, kedua orang tuanya berpenghasilan pas-pasan.  

Sitti Aisyah menuturkan, penyakit yang diderita buah hatinya itu terjadi sejak tahun 2019 silam. Awalnya, ada benjolan kecil di bagian pipi bawah telinga sebelah kiri. Benjolan itu semakin hari semakin membesar.

Baca juga: DAU Muna Refocusing Rp 100 Miliar, OPD Harus Genjot PAD

Tahun 2020, ia bersama suaminya berniat melakukan operasi di RS Bahteramas Kendari. Namun saat itu anaknya mengalami demam tinggi. Dokter tak mau ambil risiko. Operasi pun batal dilakukan.

"Kami langsung keluar dari RS dan melakukan pengobatan secara tradisional," cerita Aisyah.

Karena tak ada perubahan, mereka memutuskan kembali ke RS Bahteramas untuk melakukan operasi pada benjolan yang sudah semakin besar.

"Saat itu tidak jadi lagi dioperasi karena bertepatan dengan pandemi COVID-19," katanya.  

Kini, tidak ada jalan lagi. Satu-satunya harus operasi. Karena, tumor semakin besar di bagian wajah dan menjalar pada seluruh bagian tubuh Afsar. Bahkan, perutnya pun ikut membesar.

Bagi para dermawan yang ingin membantu bisa menghubungi nomor kontak ibunda Afsar, 081314406834. Atau langsung mengirimkan donasinya ke rekening BRI milik Sitti Aisyah dengan nomor 021701060172507. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga