adplus-dvertising

Bamsoet Beberkan Sosok Akidi Tio, Si Penyumbang Rp 2 Triliun untuk Penanganan COVID-19

Marwan Azis, telisik indonesia
Jumat, 30 Juli 2021
2274 dilihat
Bamsoet Beberkan Sosok Akidi Tio, Si Penyumbang Rp 2 Triliun untuk Penanganan COVID-19
Keluarga Akidi Tio saat menyerahkan uang Rp 2 triliun secara simbolis untuk penanganan COVID-19. Foto: Repro pikiranrakyat.com

" Akidi Tio mendadak jadi sorotan publik Indonesia setelah keluarganya menunaikan wasiatnya menyumbangkan Rp 2 triliun untuk penanganan COVID-19 di Sumatera Selatan. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Nama Akidi Tio mendadak jadi sorotan publik Indonesia setelah keluarganya menunaikan wasiatnya menyumbangkan Rp 2 triliun untuk penanganan COVID-19 di Sumatera Selatan.

Sejumlah pihak pun mulai menilisik siapa sosok Akidi Tio? Salah satunya adalah Ketua MPR-RI, Bambang Soesatyo melalui video di akun Instragram resminya, mengupas tuntas sosok Akidi Tio, dermawan yang menyumbangkan hartanya senilai Rp 2 triliun rupiah untuk penanganan COVID-19.

Politisi yang meniti karir sebagai wartawan di salah satu media nasional ini menceritakan jika Akidi Tio pernah hidup di Palembang dengan memulai usaha kecap dan akhirnya memiliki pabrik kecap.


"Dia juga yang punya kelenteng di 10 Ulu dan beberapa tempat di Palembang dan dia yang punya Cipta Futura Sawi di Muara Enim," tulis Bamsoet, dikutip Jumat (30/7/2021).

Baca juga: Serahkan Banpres Produktif Usaha Mikro, Jokowi Minta Pelaku UMKM Bertahan di Situasi Sulit

Baca juga: Percepat Pembangunan Infrastruktur Papua dan Papua Barat, Ini Terobosan Kementerian PUPR

Tak hanya usaha kecap, Akidi juga merupakan pengusaha tambang batu dolomit yaitu bahan pembuat pupuk.

Menurut alumnus HMI ini, sejak dulu dia (Akidi) hidup di keluarga Thong Ju, China Palembang yang kaya era Soekarno, pamannya Menteri Perdagangan Singapore.

“Akidi Tio pernah bersumpah kepada Thong Ju kalau dia kaya akan memberikan sumbangan rakyat Palembang dan terbukti janjinya melalui wasiat Anak cucunya,” ujar Bamsoet.

Bamsoet menuturkan, ternyata dialah (Akidi) penyumbang terbesar di Sumsel dan Indonesia, baik itu panti asuhan yatim, orang cacat, buta dll. Selalu pakai No Name atau Hamba ALLAH.

“Ternyata dia orang ke-2 sedunia yang menyumbang terbanyak sesudah Bill Gates...,” pungkasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga