Bandara Kolaka Utara Telah Masuk Renstra Kementerian Perhubungan

Muh. Risal H, telisik indonesia
Sabtu, 16 Oktober 2021
0 dilihat
Bandara Kolaka Utara Telah Masuk Renstra Kementerian Perhubungan
Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, Sigit Widodo saat menijau progres pembangunan bandara Kolaka Utara. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Kedepan bandara Kolut akan berkembang cepat, mengingat potensi Sumberdaya Alam yang dimiliki Kolut baik dari aspek perkebunan/pertanian, perikanan, maupun pertambangan sangat menjanjikan bagi pebisnis. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) dan masyarakat Kolut patut bersyukur.

Pasalnya, pembangunan infrastruktur Bandar Udara (Bandara) Kolut yang terletak di Desa Kalu-kaluku dan Lametuna, Kecamatan Kodeoha telah masuk dalam Renstra (dokumen perencanaan strategis) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, Sigit Widodo, saat mewakili Dirjen Perhubungan Darat

meninjau langsung progeres pembangunan infrastruktur Bandara Kolut bersama Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ir. Ridwan Bae, pada Kamis (14/10/2021).

"Sebenarnya, untuk Bandara Kolaka  Utara telah tercantum dalam Restra Kementerian Perhubungan. Artinya, perencanaan besarnya (pembangunan infrastrukturnya) itu sudah masuk," kata Sigit Widodo.

Bupati Kolut Nur Rahman Umar berdialog dengan Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae. Foto: Ist.

 

Sigit juga menyampaikan, jika penetapan lokasi (Penlok) Bandara Kolut telah ditemukan, sementara tahapan-tahapan administrasi secara fisik akan berjalan normal.

"Saya kira tahapan atministrasi berjalan normal saja dan pasti kita akan menuju ke sana. Penloknya juga telah ditemukan. Sebagai awal, jangkauan bandara Kolaka Utara, nanti minimal pesawat ATR 72 sehingga dibutuhkan randwy sekitar 1400 m," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, posisi bandara Kolut nantinya sebagai bandara pengumpan dan secara bertahap akan dievaluasi untuk menaikkan levelnya.

Bupati Kolut, Nur Rahman Umar di dampingi Anggota DPRD Provinsi Sultra menyerahkan secara simbolis BSPS. Foto: Muh. Risal H/Telisik

 

"Kami berkeyakinan, bandara ini pasti akan memberikan manfaat dan insyaallah tahapan-tahapan itu akan segera kami kordinasikan sesuai dengan tugas kami sebagai otoritas bandara wilayah V. Selain menjaga keselamatan, keamanan, kami juga berkewajiban mengkoordinasikan kelancaran semua pembangunan yang memberi kemanfaatan bagi masyarakat," tukasnya.

Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, yakin kedepan bandara Kolut akan berkembang cepat, mengingat potensi Sumberdaya Alam yang dimiliki Kolut baik dari aspek perkebunan/pertanian, perikanan, maupun pertambangan sangat menjanjikan bagi pebisnis.

"Kami yakin kedepan akan berkembang cepat. Memang keuntungan pesawat itu dari sisi waktu, dan pelaku-pelaku bisnis membutuhkan waktu cepat," bebernya.

Baca Juga: Pedagang di Kambawuna Muna Mogok Bayar Retribusi

Baca Juga: Jalan Provinsi di Muna Dapat Jatah APBN Rp 30 Miliar

Olehnya itu, lanjut dia , pihaknya meminta dukungan semua mudah-mudahan apa yang kita cita-citakan yakni pembangunan bandara Kolaka Utara tahapan-tahapannya segera direalisasikan.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ir. Ridwan Bae, meminta  Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, menyampaikan progeres pembangunan bandara Kolut ke Dirjen Perhubungan Darat.

"Saya minta saudara Sigit untuk melaporkan progres pembangunan Kolaka Utara ke Dirjen. Saya lihat progresnya sudah luar biasa, bahkan pematangan lahannya lebih dari 2000 meter saya pikir sudah sangat pantas sementara kebutuhan kita hanya sekitar 2.400 meter," pintanya.

Selain meninjau lokasi bandara Kolut, Ridwan Bae juga menggelar Serah Terima Buku Tabungan (Serbutab) kepada secara simbolis kepada penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Kolut. (B-Adv)

Reporter: Muh. Risal H

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga