Bangun Koalisi Indonesia Bersatu di Jatim, PAN dan Golkar Gelar Pertemuan

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 22 Mei 2022
0 dilihat
Bangun Koalisi Indonesia Bersatu di Jatim, PAN dan Golkar Gelar Pertemuan
Pertemuan pengurus PAN dan Golkar Di Jawa Timur. Foto: Yudhie/Telisik

" Koalisi Indonesia Bersatu merupakan sebuah koalisi yang baik dan didasari yang baik serta motif yang baik dengan harapan bisa menghasilkan yang baik "

SURABAYA, TELISIK.ID - Pengurus DPD Golkar dan DPW PAN di Jawa Timur menggelar pertemuan sebagai tindak lanjut terbangunnya Koalisi Indonesia Bersatu yang dilakukan di tingkat pusat.

Dalam pertemuan tersebut, telah disepakati kerja sama politik antara dua parpol tersebut terutama menjelang pentas politik di Indonesia yaitu pemilu 2024 mendatang.

Menurut Ketua Golkar Jawa Timur Sarmuji, koalisi Indonesia Bersatu merupakan sebuah koalisi yang baik dan didasari yang baik serta motif yang baik dengan harapan bisa menghasilkan yang baik.

“Mudah-mudahan ke depan diharapkan dari koalisi ini bisa menghasilkan putra yang terbaik dalam memimpin Indonesia nantinya dalam menuju keadaan yang lebih baik,” ungkap Ketua Golkar Sarmuji saat dikonfirmasi, Minggu (22/5/2022).

Pertemuan Golkar dan PAN di Jawa Timur, kata Sarmuji, menghasilkan kesepakatan untuk bekerja sama dan akan mendetailkan secara teknis serta terperinci apa saja yang dilakukan oleh Golkar dan PAN dalam menghadapi pemilu 2024 mendatang khususnya di Jawa Timur.

Baca Juga: Tiga Pj Bupati di Sulawesi Tenggara Jangan Berpikir jadi Cabup

“Kalau perlu dibentuk tim teknis antara PAN dan Golkar secara detail kerja sama dua parpol tersebut. PAN dan Golkar akan saling mengisi, memperkuat dan membesarkan di Jawa Timur,” jelas Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini.

Sedangkan untuk level Pilgub Jawa Timur, Sarmuji mengatakan, Golkar dan PAN sampai sekarang masih satu irama yaitu mengantarkan Gubernur Khofifah Indar Parawansa untuk menyelesaikan tugasnya sampai akhir jabatannya.

“PAN dan Golkar adalah partai pengusung Bu Khofifah di Pilgub Jawa Timur. Dan kami tegaskan PAN dan Golkar tetap mengawalnya sampai akhir masa jabatannya,” jelasnya.

Namun, kata Sarmuji, jika nantinya di Pilgub Jawa Timur tahun 2024 mendatang Gubernur Khofifah masih mencalonkan diri maju, maka akan menjadi pilihan utama koalisi untuk mengusungnya.

Baca Juga: Survei Selalu Unggul, PDI Perjuangan Target Tambah Kursi di Pemilu 2024

Sedangkan Ketua PAN Jawa Timur Riski Sadiq mengatakan, Koalisi Indonesia Bersatu terbentuk saat suasana Indonesia sedang sensitif. Sadig menilai, koalisi ini merupakan bentuk besarnya tanggung jawab ketum parpol akan nasib bangsa ini.

"Koalisi ini munculnya secara persentase presidential treshold bisa melampaui dan koalisi ini memiliki kekuatan parlemen besar. Ini bisa menjadi pondasi membentuk ide kreatif, yang cemerlang dan membangun masyarakat. Saya mengajak parpol lain saling bekerja sama dengan cara yang baik tidak perlu merespons apa yang kita lakukan," tutup anggota DPR RI ini.

Sekedar diketahui, di Jakarta, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendeklarasikan Koalisi Indonesia Bersatu pada Kamis, 12 Mei 2022. Koalisi ini secara resmi dibentuk oleh ketiga partai politik tersebut untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga